Berkunjung ke Rumah Gadang Balimbing, Yuk!

By Cirana Merisa, Jumat, 3 November 2017 | 06:00 WIB
Rumah Gadang Balimbing ini berumur sekitar 300 tahun. (Cirana Merisa)

Rumah Gadang merupakan rumah adat orang-orang Minangkabau di Sumatera Selatan. Rumah ini memiliki beberapa jenis, tergantung dari daerah asalnya. Contohnya saja Rumah Gadang Balimbing ini.

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Balimbing terletak di Desa Balimbing, Tanah Datar, Sumatera Barat. Rumah yang berumur sekitar 300 tahun yang lalu ini didirikan oleh Datuk Penghulu Basa yang merupakan suku Kampai Nan. Itulah kenapa rumah ini juga sering disebut sebagai Rumah Gadang Kampai Nan Panjang.

Arsitektur

Rumah ini berbentuk persegi dengan arsitektur bergaya khas Minang. Rumah ini terbuat dari kayu yang berwarna hitam. Atap rumah ini bukan dari genting, melainkan dari ijuk yang menutupi atas rumah itu. Jika kita mau masuk ke rumah itu, kita harus menaikki tangga terlebih dahulu. Posisi tangga itu berada tepat di tengah-tengah rumah dan mengarah ke pintu masuk yang hanya hanya ada satu pintu.

Bagian Dalam Rumah

Seperti rumah Gadang pada umumnya, rumah ini juga memiliki ruangan dalam jumlah yang ganjil. Rumah ini terdiri dari 7 ruang kamar yang berukuran sama, yaitu panjangnya 3 meter dan lebarnya 1,5 meter. Pada dinding kamar, terdapat lubang berbentuk oval yang berfungsi sebagai pintu kamar. Ruangan bagian tengah rumah ini adalah ruangan terbuka tanpa sekat.

Keunikan Lain

Rumah Gadang ini juga sama seperti rumah Gadang yang lain, yaitu dibangun tanpa menggunakan paku. Rumah ini bisa berdiri karena kayu-kayu kokoh yang menjadi rangka rumah. Bagian atas Rumah Gadang ini juga tidak ada plafonnya, sehingga kita bisa melihat rangka atap. Namun di bagian kiri atas terdapat suatu bagian seperti loteng untuk menyimpan barang-barang.