Nudibranch, Siput Laut yang Indah

By willa widiana, Minggu, 5 November 2017 | 07:35 WIB
Nembrotha cristata, siput laut yang bisa ditemukan di Bunaken, Indonesia (willa widiana)

Jika mendengar kata siput, pikiran kita pasti langsung mengingat makhluk lembek dan berlendir. Namun, siput laut bernama nudibranch ini berbeda. Kamu pasti akan terpeson melihat hewan ini.

Indah dan Berwarna

Nudibranch, si siput laut punya tubuh yang indah dan berwarna. Ada yang bermotif garis-garis, ada yang berwarna putih mutiara, ada juga yang berwarna-warni. Bagian punggung nudibranch biasanya dilengkapi dengan duri-duri lunak yang indah.

Duri-duri lunak itu bernama cerata. Fungsinya mirip seperti insang, yakni membuang zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuhnya. Warna pada durinya itu berasal dari makanan yang mereka makan. O iya, beberapa duri lunak nudibranch biasanya mengandung racun. Racun itu juga berasal dari makanan yang mereka makan.

8 Keluarga

Nudibranch itu ada 3.000 jenis, tetapi para ilmuwan mengelompokkan mereka menjadi delapan keluarga besar. dari 3.000 jenis nudibranch, beberapa ratus diantaranya hidup di laut Indonesia. Kita sebagai orang Indonesia harus bangga akan hal itu.

Jernih dan Bersih

Nudibranch punya ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berukuran 3 cm, ada juga yang mencapai 12 cm. Beratnya juga berbeda-beda, yang paling berat biasanya mencapai 3,3 pound. O iya, setiap nudibranch punya tempat tinggal yang berbeda, ada yang tinggal di kedalaman 5 meter, ada juga yang tinggal di kedalaman 50 meter.

Meski berbeda ukuran dan beda tempat tinggal, semua nudibranch suka hidup di air yang jernih dan bersih. Selain bersih, mereka juga suka dengan air yang punya kandungan oksigen baik.

Supaya hewan ini tetap ada di laut Indonesia, jangan buang sampah ke laut, ya, Teman-teman.

Foto: Creative Commons