Hamburg, Kota Jembatan

By Sylvana Toemon, Jumat, 3 November 2017 | 10:10 WIB
Hamburg, kota jembatan (Sylvana Toemon)

Hamburg adalah kota terbesar kedua di Jerman. Kota ini sangat indah karena ada banyak sekali jembatan yang indah di kota ini. Ya, Hamburg dikenal sebagai kota jembatan.

Baca juga: Jembatan untuk Kapal di Jerman

Kota Pelabuhan

Hamburg terletak di kedua sisi Sungai Elbe. Kota ini adalah kota pelabuhan terbesar di Jerman dan terbesar ketiga di dunia. Sungai Alster juga menjadi bagian dari kota ini. Aliran Sungai Alster membentuk danau yang berada di kedua sisi kota, yaitu Danau Binnen dan Danau Aussenalster.

Baca juga: Jembatan Kaca Pertama di Indonesia

Hamburger dan Ribuan Jembatan

Penduduk kota Hamburg dikenal dengan nama Hamburger. Ini bukan hamburger makakan itu, lo. Para hamburger sudah terbiasa dengan tempat tinggal mereka yang dikelilingi air itu. Mereka membuat banyak jembatan di kotanya untuk memudahkan bepergian dari 1 tempat ke tempat lainnya. Jembatan di kota ini jumlahnya paling banyak di dunia. Ada yang menyebutkan kota ini memiliki lebih dari 2000 jembatan. Itu baru di dalam kotanya. Apabila ditambah dengan jembatan di pinggiran kota, pasti jumlahnya lebih banyak lagi. Wow!

Baca juga: Jembatan Tua yang Unik

Aneka Jembatan

Jembatan di Kota Hamburg beraneka macam bentuk dan jenisnya. Ada jembatan super canggih dengan teknologi modern, ada juga jembatan kuno berbahan batu. Yang pasti, semua jembatan itu menambah keindahan kota ini.