4 Fakta Seputar MSG

By willa widiana, Jumat, 3 November 2017 | 08:18 WIB
MSG bisa dibuat dari tebu (willa widiana)

MSG adalah salah satu bumbu untuk memasak. Makanan yang diberi MSG biasanya jadi lebih gurih. Selain menyimpan rasa gurih, MSG juga menyimpan beberapa fakta menarik, lo!

1866

MSG pertama kali ditemukan oleh Ritthausen pada tahun 1866. Tetapi, Profesor Kikunae Ikeda dari Jepang lah yang berhasil menemukan cara mengambil MSG dari dalam rumput laut pada tahun 1908. Kini, MSG bisa dibuat dari tebu.

Umami

MSG memiliki jenis rasa yang unik, yakni umami. Nah, umami ini rasanya berbeda dengan empat rasa dasar, seperti pahit, manis, asin, dan asam. Selain unik, rasa umami ini juga bertahan lama, lo, Teman-teman.

Baca juga: Ngemil, Boleh atau Tidak?

Di Tubuh

Asam glutamat atau bahan untuk membuat MSG sebenarnya juga diproduksi oleh tubuh kita. Bahkan, glutamat secara alami ada di beberapa bagian tubuh kita, seperti orak, ginjal, hati, dan juga jaringan lain di dalam tubuh manusia.  (sumber: unimed.ac.id, dikutip dari FDA, 1995).

Di Makanan

Selain ada di dalam tubuh, zat bernama glutamat juga ada di dalam beberapa makanan, seperti tomat, susu, keju, daging, kacang kapri, dan jamur.

Nah, Teman-teman, itulah 4 fakta seputar MSG.

Ilustrasi: Ode