5 Fakta Unik Tsunami

By Eka Kartika, Minggu, 5 November 2017 | 10:30 WIB
Kerusakan akibat tsunami di Aceh pada 2004 lalu. (Eka Kartika)

Bencana tsunami di Aceh merupakan bencana yang tak terlupakan. Tak hanya di tanah air, Jepang dan Thailand juga pernah mengalami bencana serupa. Inilah 5 fakta unik tsunami.

  1. Rangkaian gelombang tsunami dikenal sebagai kereta gelombang. Itu karena gelombang ini tidak hanya berlangsung satu kali. 
  1. Kecepatan gelombang tsunami dapat mencapai 900 kilometer per jam. Kecepatan ini sama dengan kecepatan sebuah pesawat jet. Padahal, normalnya gelombang air, hanya sekitar 2 sampai 100 kilometer per jam. Meski begitu, kadang tinggi gelombang tsunami di lautan dalam tidak sampai satu meter. Sampai-sampai para pelaut tidak menyadari, jika gelombang tersebut terjadi di bawah kapal mereka.
  1. Gelombang pertama tsunami bukanlah gelombang paling merusak. Gelombang kelima atau keenamlah yang paling kuat dan mempunyai kemampuan untuk menghancurkan banyak wilayah.
  1. Pada 26 Desember 2004, gempa berskala 9,1 skala richter di Indonesia telah memicu tsunami besar. Bencana tsunami itu menyebabkan lebih dari 230 ribu orang meninggal, serta banyak orang hilang di empat negara. 
  1. Menurut beberapa ilmuwan, hampir 3,5 miliar tahun yang lalu ada serangan meteorit. Serangan itu menimbulkan tsunami yang sangat besar dan memusnahkan semua kehidupan di Bumi. Namun ada juga teori lain yang menyebutkan, gelombang tsunami setinggi 180 meter sebenarnya disebabkan oleh asteroid 4.800 tahun yang lalu.