Cara Sederhana Mengusir nyamuk

By Putri Puspita, Minggu, 5 November 2017 | 11:35 WIB
Nyamuk (Putri Puspita)

Teman-teman tentunya tidak suka bila nyamuk mengganggu waktu tidur. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengusir nyamuk. Apa saja itu?

Bersihkan Genangan Air

Nyamuk membutuhkan genangan air untuk berkembang biak. Telur nyamuk akan berkembang di genangan air hingga menjadi nyamuk muda yang siap menyerbu kamar. Jadi, usahakan agar lingkungan sekitar tempat tinggalmu bersih dari genangan air. Kalau kamu punya kolam, usahakan memelihara beberapa ekor ikan di kolam itu, sehingga jentik-jentik nyamuk akan habis dimakan ikan.

Tata Ruangan dengan Baik

Nyamuk menyukai tempat yang gelap, sempit, dan hangat. Nyamuk suka bersarang di balik baju yang digantung, gorden atau di kolong meja. Rajinlah bersih-bersih, agar nyamuk tidak sempat membuat sarangnya di tempat-tempat itu. Baju-baju sebaiknya dilipat dan ditumpuk rapi agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Bau-bau tertentu

Sensor penciuman nyamuk sangat tajam. Nyamuk tidak menyukai aroma wewangian atau zat yang mengandung keton, seperti aroma kulit jeruk, sereh, dan lavender. Sebaliknya, nyamuk sangat menyukai bau keringat. Jadi, jangan sampai kamu tertidur dalam keadaan berkeringat. Kalau tidak, bisa-bisa teman-teman diganggu nyamuk semalaman.

Jaga diri dan lingkunganmu tetap wangi agar terhindar dari serangan nyamuk.

Angin

Nyamuk menggunakan sepasang sayapnya untuk berpindah tempat dan mengincar mangsa. Nyamuk membutuhkan udara yang tenang untuk dapat terbang denga leluasa. Nyamuk akan mengalami kesulitan terbang bila berada dalam lingkungan yang berangin. Jadi, menghidupkan kipas angin juga bisa jadi solusi untuk mengusir nyamuk. 

Nah, beberapa hal di atas merupakan beberapa cara sederhana untuk terhindar dari nyamuk. Yuk, praktikkan bersama!

                                               

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID