5 Fakta Seputar Tulang

By willa widiana, Jumat, 3 November 2017 | 11:58 WIB
5 Fakta Seputar Tulang (willa widiana)

Tubuh kita terdiri dari tulang, otot, saraf, dan beragam organ tubuh. Tulang adalah bagian tubuh yang keras dan kuat. Di balik keras dan kuatnya tulang… tersimpan beberapa fakta seputar tulang yang cukup unik.

Fakta 1 – Terbagi 5

Tulang yang ada di tubuh kita itu terbagi menjadi lima macam, yakni tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, tulang belakang, dan tulang patella/tulang tempurung lutut.

Fakta 2 – Beda Fungsi

Tulang yang ada di tubuh kita memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tulang tengkorak, misalnya, berfungsi untuk melindungi otak dan mata. Tulang rusuk, berfungsi untuk melindungi jantung, paru-paru, dan hati.

Fakta 3 – Sendi

Beberapa tulang disambungkan oleh sendi. O iya, sendi itu ada dua, yakni sendi peluru (berada di bahu dan panggul) dan sendi engsel (berada di siku dan lutut).

Sendi peluru bisa membuat anggota tubuh kita bergerak ke atas, bawah, dan samping. Sedangkan sendi engsel hanya bisa membuat anggota tubuh kita bergerak ke depan dan belakang.

Fakta 4 – Terpanjang & Terkecil

Tulang paha/femur merupakan tulang terpanjang dan terkuat yang ada di tubuh kita. Panjang tulang paha/femur bisa mencapai seperempat tinggi kita. Tulang sanggurdi/stapes adalah tulang terkecil yang ada di tubuh kita, panjangnya hanya 1/10 inci.

Baca juga: Serba-serbi tulang di dalam tubuh.

Fakta 5 – Tersusun

Tulang belakang kita tersusun dari 33 ruas tulang. 7 ruas teratas biasanya disebut tulang leher, 12 ruas berikutnya disebut tulang punggung, 5 ruas berikutnya disebut tulang pinggang, 5 ruas berikutnya disebut tulang kelangkang, dan 4 ruas terakhir disebut tulang ekor.

Nah, itulah fakta seputar tulang yang cukup unik. Jika Teman-teman tahu fakta lain seputar tulang, jangan lupa untuk berbagi, ya!

Ilustrasi: Ode