Tidak Semua Dinosaurus Berbadan Besar, Seperti 4 Dinosaurus Ini

By Iveta Rahmalia, Senin, 6 November 2017 | 05:00 WIB
Compsognathus. (Iveta Rahmalia)

Tidak semua dinosaurus berbadan besar, lo! Ada juga yang badannya kecil, walaupun sudah menjadi dinosaurus dewasa.

1. Compsognathus

Compsognathus diambil dari bahasa Yunani. Compso berarti halus atau mungil dan gnathus berarti rahang atau pencabik. Dinosaurus ini panjangnya sekitar 1 meter dan beratnya sekitar 3, 5 kilogram. Ukurannya seperti ayam. Hidupnya sekitar 150 juta tahun yang lalu, di sekitar daratan benua Eropa. Compsognathus adalah dinosaurus karnivora yang berburu dengan cara berkelompok.

2. Heterodontosaurus

Heterodontosaurus artinya kadal dengan gigi yang berbeda. Seperti namanya, Heterodontosaurus memang memiliki gigi taring yang menonjol seperti drakula, berbeda dari gigi dinosaurus kebanyakan. Panjangnya rata-rata 1, 2 meter dan beratnya sekitar 1, 8 – 3,4 kilogram. Walaupun begitu, paleontolog memperkirakan ia bisa tumbuh sepanjang 1, 75 meter dan beratnya mencapai 10 kilogram. Hidupnya sekitar 175 – 200 tahun yang lalu di Afrika Selatan.

3. Microraptor

Nama microraptor memiliki arti si perempas kecil. Dinosaurus ini memiliki sayap, seperti burung. Bedanya, sayap microraptor ada empat, yaitu berada di  dua kaki depan dan dua kaki belakangnya. Mereka hidup sejak 130 juta tahun yang lalu, tepatnya di hutan Tiongkok. Panjangnya rata-rata sekitar 42 – 83 sentimeter dan beratnya 1 kilogram. Ukurannya mirip seperti ukuran burung gagak.

4. Eoraptor

Eoraptor artinya si perampas di pagi hari. Panjangnya sekitar 1 meter dan beratnya sekitar 10 kilogram. Eoraptor hidup sekitar 231 tahun yang lalu di barat laut Argentina. Dinosaurus berbadan ramping ini merupakan hewan omnivora.

Selain empat dinosaurus ini, masih ada lagi dinosaurus kecil lainnya. Siapa yang tahu?

Ilustrasi: Creative Commons