5 Fakta Belalang Sembah

By willa widiana, Sabtu, 4 November 2017 | 10:35 WIB
5 fakta belalang sembah (willa widiana)

Teman-teman pasti sudah tahu tentang belalang sembah, kan? Ternyata, hewan ini mempunyai beberapa fakta unik, lo. Hmm… kira-kira apa saja, ya, fakta belalang sembah? Berikut fakta-faktanya!

1. Ribuan Spesies

Belalang sembah mempunyai spesies yang cukup banyak, sekitar 2.300 spesies. Dari sekian banyak spesies belalang sembang, belalang jenis Bolbe pygmaea merupakan belalang terkecil. Mereka hanya berukuran 1 cm ketika dewasa. Ischnomantis gigas termasuk jenis belalang terbesar. Mereka bisa mencapai ukuran 17 cm, ditemukan di daerah Sahel, Afrika Selatan.

2. Serangga Resmi

Beberapa hewan biasanya dijadikan hewan resmi untuk melambangkan sebuah daerah atau negara. Belalang, dijadikan hewan resmi di beberapa daerah, lo!

  1. Belalang Sentadu California merupakan serangga resmi negara bagian South California.
  2. Belalang Sentadu Eropa merupakan serangga resmi negara bagian Connecticut.

Baca juga: 5 Hewan Kecil yang Berguna Bagi Rumah.

3. Menetas Setelah Lima Bulan

Telur Belalang akan menetas setelah berumur 5 bulan. Lama bukan proses menetasnya? Nimfa belalang akan keluar dari telur dengan bentuk yang sama seperti belalang dewasa, tapi dengan ukuran yang lebih kecil. O iya, nimfa belalang akan mengalami pergantian kulit selama 10 kali.

4. Gesit

Belalang termasuk serangga yang gesit dalam berburu. Kecepatan menyerang mereka adalah 1/20 detik, sama dengan salah satu pengaturan flash dalam kamera DSLR.

5. Berkorban

Setelah bereproduksi, belalang jantan akan dimakan oleh belalang betina. Belalang jantan yang dimakan itu akan dijadikan sumber makanan untuk telur-telurnya. Wah... benar-benar pengorbanan yang luar biasa, ya!

Itulah 5 fakta belalang sembah yang unik.

Foto: Creative Commons - Shiva shankar