Mengenal Buta Warna

By Cirana Merisa, Senin, 6 November 2017 | 10:50 WIB
Penderita buta warna total hanya bisa mengenal warna hitam, putih, dan abu-abu. (Cirana Merisa)

Teman-teman pernah mendengar istilah buta warna? Benarkan orang yang memiliki keunikan ini tidak bisa melihat semua warna? Yuk, kita cari tahu tentang buta warna!

Sel-sel pada Mata

Mata kita dapat mengenali warna karena adanya interaksi antara sel-sel mata dengan cahaya. Sel-sel mata ada dua macam, yaitu sel batang dan sel kerucut. Sel batang berfungsi melihat benda yang bergerak, benda dalam ruangan gelap, dan membedakan warna hitam-putih.

Sel kerucut berfungsi melihat benda dalam keadaan terang dan juga membedakan warna yang kita lihat. Sel kerucut dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu merah, biru, dan hijau. Nah, kalau sel kerucut mengalami gangguan, maka kita tidak bisa membedakan warna dan akan mengakibatkan buta warna.

Tidak Bisa Membedakan Warna Tertentu

Buta warna itu bukan berarti penderitanya tidak bisa melihat semua warna, tapi hanya warna-warna tertentu saja.

Penderita buta warna tidak bisa melihat warna dengan lengkap. Matanya hanya bisa meneruskan warna yang ia lihat ke otak, sehingga otak tidak bisa menerima warna dengan sempurna.

Tipe-tipe Buta Warna

Tipe buta warna yang paling sulit adalah buta warna total. Penderita buta warna total hanya memiliki sel batang pada retinanya sehingga mereka hanya bisa mengenal warna hitam, putih, dan abu-abu. Ada juga tipe buta warna parsial, mereka bisa mengenali warna-warna tertentu, tetapi tidak semua.

Tipe buta warna parsial ada 2 jenis. Ada tipe buta warna biru-kuning, yaitu penderita melihat warna biru sebagai warna hijau dan warna kuning terlihat menjadi warna ungu. Tipe buta warna merah-kuning yaitu penderitanya melihat warna merah menjadi kuning atau bahkan hitam, dan melihat hijau menjadi warna krem.

Penyebab dan Cara Mengatasi

Biasanya, buta warna merupakan penyakit genetis yang diturunkan oleh orang tua. Namun, buta warna juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada mata, saraf penglihatan, bagian otak yang bisa mengenali warna, dan usia yang tua.

Sampai sekarang, belum ada obat yang bisa menyembuhkan buta warna, obat yang ada hanya untuk mengurangi gejalanya saja. Namun, para ahli medis sudah mengembangkan teknologi yang bisa membantu penderita buta warna, seperti lensa mata khusus.