5 Anjing Bertubuh Kecil

By willa widiana, Senin, 6 November 2017 | 03:49 WIB
Cihuahua (willa widiana)

Beberapa orang memilih anjing sebagai hewan peliharannya. Setiap orang punya alasan berbeda-beda, kenapa memilih anjing sebagai hewan peliharaan. Ada yang memelihara anjing karena bisa diajak lari bersama. Ada juga yang memelihara anjing karena tubuhnya ringan, seperti 5 anjing bertubuh kecil di bawah ini!

Cihuahua

Cihuahua adalah ras anjing kecil. Tingginya hanya sekitar 21 cm dan beratnya antara 0,9 kg – 3,5 kg. Tak jauh berbeda dengan kucing. Anjing kecil dengan banyak warna ini berasal dari daerah Cihuhua, Meksiko. O iya, cihuahua ada dua jenis, yakni cihuahua bulu halus dan cihuahua bulu panjang. Meski kecil, mereka bisa menggigit seperti anjing pada umumnya, lo!

Pomeranian

Anjing kecil berbulu panjang ini berasal dari Pomerania, itu adalah provinsi tua di Jerman. Pada tahun 1800-an, anjing ini di bawa ke Inggris dan Amerika. Beberapa tokoh terkenal, seperti Mozart dan Michelangelo, pernah memelihara anjing jenis ini. Berat anjing ini hanya 1,5 – 3,5 kg, tingginya sekitar 20 – 28 cm. Meski kecil, ia bisa hidup selama 14 – 16 tahun, lo!

Baca juga: 5 Fakta Seru Seputar Anjing

Yorkshire Terrier

Tinggi anjing ini hanya 18 cm, beratnya hanya sekitar 3 kg. Tubuh anjing ini memang kecil, tapi ia sangat suka menjelajah. Karena suka menjelajah, pada abad ke-19, anjing ini digunakan untuk menangkap tikus di pabrik pakaian. O iya, yorkshire terrier termasuk anjing yang ramah dan bisa dijadikan teman untuk anak-anak. Selain ramah, anjing ini juga lucu karena punya bulu yang cukup panjang.

Toy Poodle

Poodle atau pudel adalah anjing kecil berukuran 25 cm dengan berat 1,5 – 3,5 kg. Tubuh pudel memang kecil, tapi ia termasuk anjing yang cerdas, taat, tangkas, dan pandai berolahraga. Anjing ini punya bulu keriting yang cukup lebat. Pemilik pudel biasanya mencukur bulu pudel hingga pendek, tetapi bulu di kepala dan kakinya dibiarkan tumbuh. Teman-teman pasti pernah melihat anjing ini dalam film animasi berjudul “Oliver & Company”.

Brussels Griffon

Sesuai dengan namanya, anjing ini berasal dari Brussels, Belgia. Zaman dulu, anjing lucu ini digunakan untuk menjaga taksi di Belgia, supaya tidak dirampok. Lama-kelamaan, anjing inipun lebih banyak dipelihara, daripada dijadikan penjaga taksi. O iya, tinggi brussels griffon hanya 23 – 28 cm dan beratnya sekitar 3,6 – 4,5 kg. Bulunya ada yang cokelat, hitam, dan krem.

Itulah 5 anjing bertubuh kecl. Apakah Teman-teman punya salah satunya?

Foto: pixabay.com