Kapan Kelereng Mulai Dimainkan?

By Putri Puspita, Senin, 6 November 2017 | 11:05 WIB
Kelereng (Putri Puspita)

Teman-teman suka main kelereng? Permainan ini sudah ada sejak lama, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di belahan dunia lainnya.

Punya Banyak Nama

 

Kelereng adalah salah satu mainan yang sering dimainkan oleh anak-anak. Mainan ini punya banyak sebutan di Indonesia, seperti gundu, keneker, kelici, dan guli.

Kelereng adalah bola kecil kira-kira berdiameter 1.25 cm. Dulu, kelereng terbuat dari tanah liat, tapi kini lebih banyak yang dibuat dari marmer atau kaca.

Sejak Abad Pertengahan

Ternyata, permainan  kelereng sudah ada sejak zaman pertengahan. Dulunya, permainan ini lebih sering dimainkan oleh bangsawan dengan ukuran kelereng yang lebih besar.

Selanjutnya, kelereng berkembang mengikuti zaman hingga saat ini. Bukan hanya untuk bangsawan, tapi juga untuk masyarakat lainnya.

Nah, kelereng kaca yang kita kenal selama ini baru mulai dibuat pada tahun 1864 di Jerman. Awalnya, hanya dibuat satu warna, tapi semakin hari makin banyak warna yang dibuat.

Mulai Ditinggalkan

Semakin hari, permainan kelereng sudah ditinggalkan. Tidak banyak lagi anak-anak yang mau bermain ke luar karena sibuk dengan gadget. Padahal, kelereng memiiki manfaat yang besar, terutama untuk konsentrasi.

Teks: Putri Puspita | Bobo.ID