Cancer, Si Kepiting Besar di Langit

By Cirana Merisa, Jumat, 10 November 2017 | 03:05 WIB
Berada di langit selatan, rasi bintang ini berbentuk kepiting yang besar. (Cirana Merisa)

Cancer merupakan zodiak keempat. Berada di langit selatan, rasi bintang ini berbentuk kepiting yang besar.

Astronomi dan Astrologi

Menurut Persatuan Astronomi Internasional, Matahari akan berada di rasi bintang Cancer pada malam hari mulai 21 Juli sampai 11 Agustus. Namun menurut ilmu astrologi, rentang waktu orang yang berzodiak Cancer adalah dari tanggal 21 Juni sampai 22 Juli.

Letak Rasi

Kalau teman-teman menengok ke langit selatan, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain. Di sebelah barat ada rasi Gemini, di sebelah timur ada rasi Leo, di sebelah utara ada rasi Lynx, dan di sebelah selatan ada rasi Canis Minor dan rasi Hydra.

Bintang

Rasi Cancer memiliki total 76 bintang, termasuk di dalamnya ada 10 bintang yang memiliki planet sendiri. Bintang yang paling terang di rasi ini adalah Beta Cancri atau yang biasa disebut dengan Al Tarf. Hujan meteornya dikenal dengan nama Delta Cancrid.

Mitologi Yunani

Dalam sejarah Yunani kuno, diceritakan bahwa Cancer merupakan lobster besar yang bernama Carcinus. Carcinus ini diutus oleh Hera untuk membantu Lerna Hydra yang sedang berperang melawan Hercules.

Carcinus menggali tanah dan berencana untuk mencapit kaki Hercules dari dalam tanah. Sayangnya, Hercules mengetahui keberadaan Carnicus dan membunuhnya. Karena keberanian Carnicus, Hera memberikan sebuah tempat di langit untuknya dan menjadi konstelasi Cancer.

Itulah info mengenai rasi bintang Cancer. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!