Apa Itu Ahli Paleontologi?

By Iveta Rahmalia, Senin, 6 November 2017 | 11:45 WIB
Tugas ahli paleontologi adalah mempelajari fosil, yaitu sisa-sisa organisme atau makhluk hidup yang terawetkan secara alami, yang umurnya lebih dari 10 ribu tahun. (Iveta Rahmalia)

Fosil-fosil dinosaurus, serta hewan dan tumbuhan purba ditemukan berkat jasa ahli paleontologi. Apa, ya, rahasia ahli paleontologi sehingga mereka bisa menemukan fosil?

Tugas Ahli Paleontologi

Tugas ahli paleontologi adalah mempelajari fosil, yaitu sisa-sisa organisme atau makhluk hidup yang terawetkan secara alami, yang umurnya lebih dari 10 ribu tahun. Selain itu,mereka juga mengungkap sejarah kehidupan dan lingkungan hidup fosil.

Ada Dua Jenis

Ahli paleontologi, ternyata, bermacam-macam jenisnya. Namun, dibagi dalam 2 kelompok besar. Pertama, Makro Paleontologi yang mempelajari fosil berukuran besar. Kedua, Mikro Paleontologi yang mempelajari fosil berukuran sangat kecil, sehingga butuh mikroskop.

Baca juga: Bagaimana Cara Menemukan Fosil yang Masih Terkubur?

Punya Banyak Ilmu

Ahli paleontologi harus menguasai ilmu biologi, anatomi, dan berbagai cabang ilmu geologi, yaitu sedimentologi, stratigrafi, dan geologi struktur.

Ilmu biologi dan anatomi berfungsi untuk mengetahui benda yang ditemukan memang benar fosil, pecahan fosil, atau ternyata hanya batu.

Ilmu geologi mempelajari Bumi. Gunanya untuk memahami keadaan daerah tempat fosil diduga berada. Contohnya; dari ilmu geologi, ahli paleontologi tahu fosil biasanya ditemukan di daerah yang mengandung banyak batuan sedimen.

Teks: Lita/Majalah Bobo