Leo, Sang Singa yang Kuat

By Cirana Merisa, Sabtu, 11 November 2017 | 03:01 WIB
Bintang yang paling terang di rasi Leo adalah Regulus. (Cirana Merisa)

Leo merupakan zodiak kelima dalam urutan tahun astrologi. Rasi bintang yang berada di langit utara ini berbentuk singa.

Astronomi dan Astrologi

Menurut Persatuan Astronomi Internasional, Matahari akan berada di rasi bintang Leo mulai tanggal 11 Agustus sampai 17 September. Namun menurut ilmu astrologi, rentang waktu orang yang berzodiak Leo adalah dari tanggal 23 Juli sampai 22 Agustus.

Letak Rasi

Kalau teman-teman melihat ke langit utara, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain. Di sebelah barat ada rasi Cancer dan rasi Hydra, di sebelah timur ada rasi Virgo dan rasi Coma Berenices, di sebelah utara ada rasi Crater, dan di sebelah selatan ada rasi Leo Minor, Ursa Mayor, dan Lynx.

Baca juga: Aries, Si Domba Emas Ajaib

Bintang

Rasi Leo memiliki total 92 bintang, termasuk di dalamnya ada 13 bintang yang memiliki planet sendiri. Bintang yang paling terang di rasi ini ada 4, yaitu Alpha Leonis atau Regulus, Beta Leonis atau Denebola, Gamma Leonis atau Algieba, dan Delta Leonis atau Zosma.

Regulus yang berarti sang raja kecil terletak di kepala singa. Sedangkan Denebola sesuai dengan artinya yaitu ekor singa, terletak jauh dari Regulus, tepatnya di ekor singa.

Mitologi Yunani

Dalam sejarah Yunani kuno, diceritakan bahwa Leo merupakan seekor singa yang hebat dan kuat. Singa bernama Nemea itu memiliki kulit yang tidak dapat dilukai oleh kayu, perunggu, bahkan besi sekalipun. Konon, Dewi Hera memberi 12 tugas kepada Hercules yang salah satunya adalah membunuh Singa Nemea itu.

Hercules pun berhasil membunuh Singa Nemea dengan cara mencekiknya. Dewi Hera sangat marah saat mengetahui Hercules berhasil memenangkan pertarungan itu. Dewi Hera akhirnya mengirim jiwa Singa Nemea dan menempatkannya di langit, di antara bintang-bintang.

Itulah info mengenai rasi bintang Leo. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!

Baca juga: Apa Bedanya Astrologi dan Astronomi?