Apakah Jakun Hanya Dimiliki Laki-laki?

By Yomi Hanna, Sabtu, 11 November 2017 | 07:05 WIB
Jakun itu apa, ya? (Hanna Vivaldi)

Saat anak laki-laki beranjak dewasa, ia akan memiliki jakun yang terlihat pada lehernya. Jakun itu apa, ya?

Tonjolan pada Tenggorokan

Jakun atau prominentia laryngea merupakan tonjolan yang berada di tenggorokan manusia. Tonjolan itu terbuat dari tulang rawan yang lunak, seperti tulang yang ada di daun telinga dan hidung kita. Daerah tersebut dinamakan tulang rawan tiroid karena berada tepat di atas kelenjar tiroid.

Baca juga : Tips Menghilangkan Duri yang Nyangkut di Tenggorokan

Apa Fungsi Jakun?

Jakun berfungsi untuk melindungi laring atau kotak suara yang berada di tenggorokan kita. Sedangkan laring tersebut merupakan organ yang melindungi trakea dan yang membantu menghasilkan suara manusia. Laring perlu dilindungi karena adanya tekanan yang berasal dari luar tenggorkan yang mungkin saja merusak bagian-bagian penting dan sensitif yang berada di dalam tenggorokan.

Apakah Perempuan Mempunyai Jakun?

Mungkin beberapa orang bertanya-tanya, kenapa laki-laki memiliki jakun dan perempuan tidak. Padahal kenyataannya, baik laki-laki maupun perempuan ternyata memiliki jakun, lo. Ukuran keduanya juga hampir sama hingga masa remaja. Tapi saat terjadi peningkatan hormon testosteron pada laki-laki, dapat membuat jakun laki-laki tumbuh lebih besar dan menonjol dibandingkan jakun yang dimiliki perempuan.