Selain Google, Inilah 4 Mesin Pencari di Internet

By Cirana Merisa, Sabtu, 11 November 2017 | 05:35 WIB
Bing dan Yahoo! merupakan mesin pencari selain Google. (Cirana Merisa)

Kalau ingin mencari informasi di internet, biasanya kita akan menggunakan Google sebagai mesin pencari. Namun, apakah teman-teman tahu ada mesin pencari selain Google? Yuk, kita simak!

1. Yahoo! Search

Mesin pencari ini sebenarnya sudah ada lama sebelum Google dirilis. Yahoo! Search diluncurkan pada Maret 1995 lalu. Namun, kedatangan Google pada tahun 1998 membuat Yahoo! Search menjadi tergeser posisinya. Yahoo! Search tersedia di Eropa, Asia, dan negara-negara berkembang lain.

2. Bing

Bing merupakan mesin pencari milik Microsoft yang dirilis pada Juni 2009. Sebelumnya, mesin pencari ini dinamakan Live Search, lalu berubah menjadi Windows Live Search, kemudian diubah lagi menjadi MSN Search, sampai akhirnya menggunakan nama Bing.

Baca juga: Inilah Sejarah Google, dari Garasi hingga Mendunia

3. Naver

Naver merupakan mesin pencarian terbesar di Korea Selatan. Daripada Google, masyarakat Korea Selatan lebih sering mencari informasi melalui Naver. Mesin pencari ini dirilis pada Juni 1999 oleh sekelompok mantan karyawan Samsung. Kata naver sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu navigate dan akhirnya er yang kalau digabung menjadi “seorang pelayar di dunia web”.

4. Baidu

Baidu dirilis pada Januari 2000 oleh dua orang warga Tiongkok. Baidu sendiri berpusat di Kampus Baidu, di Beijing, RRT. Sama seperti Naver yang menyediakan informasi dalam huruf Korea, Baidu juga menyediakan informasi dalam huruf Mandarin. Baidu juga memiliki layanan ensiklopedia seperti Wikipedia yang bernama Baidu Baike.

Baca juga: Aplikasi Smartphone yang Paling Banyak Digunakan