Susu dan Jus Jeruk, Mana yang Lebih Baik untuk Sarapan?

By Cirana Merisa, Rabu, 8 November 2017 | 03:27 WIB
Susu mengandung kalsium, jus jeruk mengandung vitamin C. (Cirana Merisa)

Saat sarapan, biasanya teman-teman minum susu, teh, jus jeruk, atau air mineral saja? Kebanyakan anak akan minum susu, tapi ada juga yang minum jus jeruk atau jus buah lain. Mana, ya, yang lebih baik?

Jus jeruk

Jus jeruk mengandung banyak vitamin C, juga antioksidan yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi udara. Namun, terlalu sering mengonsumsi jus jeruk juga memberikan efek yang buruk pada lapisan gigi. Penelitian menyatakan bahwa meminum jus jeruk setiap hari akan membuat lapisan gigi menjadi lunak.

Apalagi jika teman-teman minum jus jeruk yang siap minum, bukan dari jeruk asli dan sudah ditambah pemanis buatan, nutrisi yang terkandung akan lebih sedikit. Tak hanya jus jeruk, jus buah lainnya juga bisa mengakibatkan lunaknya lapisan gigi sehingga bisa jadi gigi tak lagi kuat.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Makan Buah Jeruk, Jeruk Peras, atau Jus Jeruk?

Susu

Segelas susu mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Menurut penelitian, orang yang minum susu di pagi hari tidak akan makan berlebihan pada saat makan siang, karena masih merasa kenyang akibat protein yang terkandung dalam susu. Kalsium juga membantu mengatur hormon yang mengyeimbangkan berat badan.

Namun begitu, susu juga mengandung lemak yang tak baik untuk kesehatan tubuh, walaupun dalam jumlah yang sedikit. Jika lemak jahat ini ada di dalam susu yang mengandung banyak pemanis buatan, bisa meningkatkan kemungkinan penyakit diabetes.

Baca juga: Negara Penghasil Susu

Mana yang Lebih Baik?

Teman-teman sebaiknya meminum susu pada saat sarapan, karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan lebih aman untuk kesehatan gigi. Namun, pilihlah susu organik dan rendah lemak. Susu seperti ini mengandung lebih banyak vitamin E dan omega-3, antioksidsannya juga 75 persen lebih tinggi.

Kalau teman-teman suka jeruk, lebih baik langsung makan buahnya tanpa dibuat jus. Kenapa? Karena vitamin dan nutrisi lain pada jeruk akan langsung masuk ke tubuh kita, sedangkan jus jeruk biasanya ditambahkan air dan gula lagi. 

Sumber: Kompas.com/Lusia Kus Anna

Baca juga: 4 Minuman yang Baik untuk Kesehatan