Aibo, Robot Anjing yang Pintar

By Cirana Merisa, Rabu, 8 November 2017 | 06:36 WIB
Aibo versi baru bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan anjing asli. (Cirana Merisa)

Apakah ada di antara teman-teman yang ingin memelihara anjing, tapi tidak diizinkan oleh orangtua? Jangan khawatir. Teman-teman bisa kok memelihara Aibo, si robot anjing.

Hidup Kembali

Aibo pertama kali dirilis pada tahun 1999 lalu, namun pengembangan robot anjing ini sempat dihentukan pada tahun 2006 oleh perusahaan pembuatnya, yaitu Sony Jepang. Nah, pada pertengan tahun lalu, CEO Sony memerintahkan karyawannya untuk menghidupkan kembali Aibo.

Versi Baru

Versi baru dari Aibo ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya 11 tahun yang lalu dengan teknologi yang semakin canggih. Aibo versi baru bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan anjing asli, misalnya berjalan, bersalaman, high five, duduk, menggoyangkan ekor, berkedip, bahkan mengejar bola.

Sebagai pengembangan dari versi lama, Aibo versi baru ini memiliki telinga panjang yang mampu bergerak, berbeda dengan versi lama yang telingannya tidak bisa bergerak. Selain itu, pada robot ini juga terdapat kamera di bagian hidung, 4 mikrofon suara, dan alat yang berfungsi untuk mengenali pemiliknya.

Aibo juga memiliki sensor sentuhan sehingga robot anjing ini akan bereaksi dengan cepat saat disentuh. Sensor ini terletak pada bagian kepala, dagu, punggung, dan telapak kaki. Wah, canggih sekali, ya.

Koneksi internet

Oiya, Aibo juga tersambung pada internet yang bisa dikoneksikan dengan smartphone, sehingga pemiliknya dapat berinteraksi dengan robot ini walaupun berada dalam jarak yang cukup jauh. Namun, pemilik harus melakukan sinkronisasi dulu melalui aplikasi My Aibo yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Wah, pasti seru ya punya robot yang seperti anjing asli.