Belalang Berwarna Pink

By willa widiana, Rabu, 8 November 2017 | 08:33 WIB
Belalang Bertubuh Pink (willa widiana)

Tubuh belalang ini benar-benar berwarna pink. Itu adalah warna asli tubuhnya, bukan hasil edit foto. Unik, ya!

Langka

Belalang berwarna pink pertama kali ditemukan tahun 1887.  Belalang pink sangat langka, dari 500 belalang, hanya satu yang berwarna pink. Belalang pink tersebar di seluruh dunia, jadi bisa saja kita menemukannya di halam rumah atau sekolah.

Erythrism

Warna pink pada tubuh belalang disebabkan oleh kelainan gen yang bernama erythrism. Kelainan gen ini membuat pigmen warna di tubuh belalang muncul secara berlebih. Pigmen warna yang muncul secara berlebih di belalang ini adalah pigmen pink. Jadi, tubuh belalang inipun ditutupi oleh warna pink.

Menurut ilmuwan, kelainan gen ini mirip seperti kelainan gen yang menyebabkan albino. Bedanya, kalau pada albino, pigmen warnanya hilang. Jadi, yang muncul hanya warna putih. Menurut data dari nationalgeographic.org, warna pink pada beberapa belalang bisa menghilang saat dewasa. Namun, ada juga yang tidak hilang, bahkan bertambah warna lain.

Baca juga: Belalang Pelangi, Tubuhnya Banyak Warna.

Diburu

Karena warnanya yang mencolok, belalang pink menjadi sasaran empuk para predator. Kalau pun bersembunyi, mereka tetap terlihat di sisi lainnya. Kasihan, ya! Padahal, belalang bertubuh pink ini sangat lucu dan langka.

Apakah Teman-teman pernah menemukan belalang bertubuh pink ini?

Foto: Creative Commons