Seberapa Besar Stasiun Antariksa Internasional?

By willa widiana, Rabu, 8 November 2017 | 08:34 WIB
Stasiun Luar Angkasa Internasional (willa widiana)

International Space Station (ISS) atau Stasiun Antariksa Internasional adalah tempat kerja sekaligus tempat tinggal para astronaut. Stasiun Antariksa Internasional terus dibangun, supaya lebih bagus, lebih canggih, dan lebih banyak menampung orang. Sebenarnya, stasiun luar angkasa internasional itu sebesar apa, ya? Kok, para astronaut bisa bekerja dan tinggal di sana.

Lapangan Bola

Stasiun Antariksa Internasional panjangnya 109 meter dan lebarnya 73 meter. Jika dihitung-hitung, Stasiun Antariksa Internasional itu luasnya hampir sama dengan luas lapangan bola. Meski luas, hanya bagian tertentu saja yang bisa ditinggali para astronaut. Sebagian besarnya adalah panel surya (alat untuk mengubah tenaga matahari menjadi listrik).

Baca juga: 7 Hal yang Dilakukan Astronaut Supaya Bisa Tidur

Apa Fungsi Panel Surya?

Stasiun Antariksa nternasional memerlukan energi supaya bisa bergerak. Untuk menghemat biaya dan sumber energi, pihak NASA menempelkan panel surya di Stasiun Antariksa Internasional. Listrik dari panel surya itulah yang dijadikan sumber energi oleh Stasiun Antariksa Internasional. Jadi, pihak NASA tidak perlu membawa bahan bakar dari Bumi.

Baca juga: Apakah Astronaut Berolahraga?

Ada Apa Saja di Dalamnya?

Di dalam Stasiun Antariksa Internasional ada lima kamar tidur, dua kamar mandi, ruang untuk berolahraga, dan jendela. Selain itu, di sana juga ada ruangan khusus yang digunakan untuk melihat keadaan Bumi, labolatorium untuk penelitian, dan ruang pengendali. Ruangan itu bisa dihuni oleh enam orang astronaut.

Bagaimana? Sekarang Teman-teman sudah tahu, kan, Stasiun Antariksa Internasional itu sebesar apa?

Foto: nasa.gov