Virgo, Sang Putri yang Cantik

By Cirana Merisa, Minggu, 12 November 2017 | 04:05 WIB
Bintang yang paling terang di rasi ini adalah Alpha Virginis atau bintang Spica. (Cirana Merisa)

Virgo adalah zodiak keenam dalam urutan tahun astrologi. Rasi bintang yang berada di langit utara ini berbentuk seorang perempuan.

Astronomi dan Astrologi

Persatuan Astronomi Internasional menyatakan bahwa Matahari akan berada di rasi bintang Virgo mulai tanggal 17 September sampai 31 Oktober. Namun, rentang waktu orang yang berzodiak Virgo menurut ilmu astrologi adalah dari tanggal 23 Agustus sampai 22 September.

Baca juga: Aries, Si Domba Emas Ajaib

Letak Rasi

Kalau teman-teman melihat ke langit utara, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain, lo. Di sebelah barat ada rasi Leo, di sebelah timur ada rasi Libra, di sebelah utara ada rasi Corvus, rasi Crater, dan rasi Hydra, di sebelah selatan ada rasi Coma Berenices dan rasi Bootes, dan di sebelah tenggara ada rasi Serpens Caput.

Bintang

Rasi Taurus memiliki total 96 bintang, termasuk di dalamnya ada 9 bintang yang memiliki planet sendiri. Bintang yang paling terang di rasi ini adalah Alpha Virginis atau yang biasa disebut sebagai bintang Spica.

Baca juga: Taurus, Si Banteng yang Gagah

Mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani kuno, diceritakan bahwa Virgo adalah seorang putri yang cantik. Putri ini merupakan jelmaan dari Putri Astrea yang hidup di zaman emas jutaan tahun lalu. Suatu hari, Putri Astrea turun ke bumi, tapi ia tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi. Maka itu, Putri Astrea kembali lagi ke langit dan menjadi bintang.

Itulah info mengenai rasi bintang Virgo. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!