Bartolomeo Cristofori, Penemu Alat Musik Piano yang Populer Hingga Kini

By Yomi Hanna, Kamis, 9 November 2017 | 08:29 WIB
Siapa penemu piano? (Hanna Vivaldi)

Piano adalah salah satu alat musik yang cukup populer di dunia.  Alat musik ini ternyata sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, lo. Bagaimana sejarah penemuan piano ini?

Penemu Piano Berasal dari Italia

Penemu piano bernama Bartolomeo Cristofori, orang Italia yang lahir pada 4 Mei 1655 dan wafat pada tahun 1731. Sebelum menemukan piano, Cristofori bekerja untuk Nikolo Amati, seorang pembuat biola yang terkenal di Italia. Lalu di usianya yang ke-33 tahun, Cristofori bekerja untuk bangsawan besar Italia, Prince Ferdinando de Medici.

Piano Pertama di Tahun 1720

Saat Cristofori bekerja untuk Prince Ferdinando de Medici, ia mendapatkan ide untuk menciptakan piano yang bisa menggabungkan antara keindahan dan kekuatan nada. Alat musik ini nantinya diharapkan dapat dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu yang berirama pelan, cepat, atau pun keras.

Dengan dukungan Prince Ferdinando de Medici, sejak tahun 1700 Cristofori pun mulai merancang alat musik yang diinginkannya itu. Lalu di tahun 1720, Cristofori berhasil menyelesaikan dan merealisasikan idenya untuk membuat piano.

Banyak yang kagum setelah melihat hasil karyanya, salah satunya adalah seorang jurnalis Italia bernama Scipione Maffei. Ia menyebut alat musik ciptaan Cristofori itu dengan nama gravicembalo col piano e forte. Artinya adalah sebuah tali harpsichord dengan papan tuts yang lembut dan menghasilkan alunan nada yang keras.

Baca juga : Piano Termahal di Dunia, Harganya 6 Miliar

Karena sebutannya terlalu panjang, maka disingkat menjadi pianoforte. Namun, nama itu masih saja dirasa terlalu panjang, hingga akhirnya disebut dengan piano. Nama inilah yang masih dipakai sampai sekarang untuk menyebutkan alat musik tersebut.

Alat Ciptaan Cristofori yang Terbaik pada Masanya

Ternyata selain Cristofori, ada banyak pembuat instrumen lainnya yang berusaha menciptakan alat dari tali harpsichord. Tapi pada akhirnya, alat musik piano ciptaan Cristoforilah yang paling baik jika dibandingkan dengan alat musik ciptaan yang lain.

Baca juga : Sasando, Alat Musik yang Unik dan Indah

Populer Sejak 1731

Awalnya piano tidak populer seperti sekarang karena dirasa sulit memainkannya. Namun lama kelamaan waktu membuktikan bahwa instrumen ini ternyata bisa populer pada tahun 1731. Bahkan piano menjadi alat musik berkelas hingga saat ini.