5 Tips Mendapat Nilai Bagus dalam Ujian

By Iveta Rahmalia, Kamis, 9 November 2017 | 09:55 WIB
Belajar bersama teman-teman. (Iveta Rahmalia)

Sebentar lagi, kita akan menghadapi ujian. Eits.. jangan takut, teman-teman! Kita pasti bisa, kok, mendapat nilai bagus dalam ujian. Ini tipsnya!

1. Baca Lagi Pelajaran Sekolah di Rumah

Biasakan membaca apa yang sudah dipelajari di sekolah setiap hari. Buatlah jadwal belajar rutin. Sehingga bahan yang banyak jadi tak terasa banyak dan membosankan.

2. Rajin Membuat PR dan Latihan

Jika kita rajin membuat PR, kita akan lebih mudah memahami apa yang sudah dipelajari di sekolah. Kalau tidak ada PR, bisa juga dengan mengisi latihan soal seperti ULD  dari Majalah Bobo atau soal-soal di buku Bank Soal.

3. Membuat Rangkuman

Untuk memudahkan belajar, buatlah rangkuman.  Belajar dari rangkuman itu lebih mudah dan singkat. Hmm, bonusnya teman-teman bisa mengingat dengan baik materi pelajaran. Ssst, saat membuat rangkuman, tanpa sadar teman-teman juga sudah membaca dan mempelajari bahan ulangan, lo!

4. Jaga Kesehatan

Jaga kesehatan juga tidak kalah penting. Biasakan makan makanan bergizi, seperti buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Pastikan badan fit saat ulangan atau ujian berlangsung. Selain itu, olah raga juga membuat tubuhmu segar, lo!

5. Berdoa

Nah,  tips ini sangat penting. Sesudah semua usaha dilakukan dengan baik, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah berdoa. Kita memohon pada Tuhan, supaya kita kita diberi kelancaran dan ketenangan untuk menghadapi ulangan atau ujian.  Dan tentunya berhasil dengan baik.

Itulah tips mendapat nilai bagus dalam ujian. Semangat ujiannya, teman-teman!

Teks: Yanti/Iveta