5 Sate Khas dari Daerah di Indonesia

By willa widiana, Kamis, 9 November 2017 | 11:40 WIB
Sate Ambal (willa widiana)

Siapa yang suka sate? Lalu, sate apa yang Teman-teman sukai? Bicara soal sate, Bobo jadi ingat dengan 5 sate khas dari daerah di Indonesia, nih. Ada sate apa saja? Langsung kita cari tahu saja, yuk!

1. Sate Ambal

Sate ambal berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah daging ayam kampung. Sebelum dibakar, sate akan direndam dulu dengan bumbu selama dua jam. Jadi, bumbunya bisa meresap dengan baik. Bumbu sate ini cukup unik, lo. Bumbunya terbuat dari tempe tumbuk yang sudah dicampur dengan cabe dan rempah lainnya. Biasanya, sate ini dimakan dengan potongan ketupat.

2. Sate Blora

Sesuai namanya, sate ini berasal dari Blora, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari daging dan kulit ayam. Ukuran sate blora lebih kecil daripada sate pada umumnya. Sate blora biasanya disiram oleh kuah santan dan dimakan dengan nasi. Unik, ya, satenya disiram kuah, jadi mirip soto.

Baca juga: Mengenal makanan khas Bali yang lezat, yuk!

3. Sate Banjar

Hidangan ini terkenal di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bahan utama untuk adalah daging dan kulit ayam. Sebelum dibakar, sate akan diolesi kecap yang sudah dicampur garam dan minyak goreng. Setelah itu, sate akan diberi bumbu yang terbuat dari cabe, bawang putih, tomat, dan juga petis udang.

4. Sate Makassar

Sate ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang dibumbui saus belimbing. Unik, kan? Karena menggunakan bumbu yang terbuat dari belimbing, sate makassar ini memiliki rasa asam dan pedas yang khas. O iya, pemberian bumbu dilakukan saat sate masih mentah. Jadi, saat sudah matang, sate tidak perlu diberikan bumbu apa-apa lagi.

5. Sate Ponorogo

Sate ponorogo terbuat dari daging ayam. Uniknya, satu tusuk sate ponorogo terdiri dari satu potong daging ayam yang diiris memanjang, seperti fillet.  Sate ponorogo biasanya disajikan dengan sate usus, kulit, dan telur ayam yang sudah dibacem. O iya, bumbunya menggunakan saus kacang yang diberikan irisan bawang merah dan cabe rawit.

Apakah Teman-teman pernah mencoba salah satunya?

Foto: Ricky Martin, sajiansedap.grid.id