Pahlawan Nasional: Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

By Sylvana Toemon, Jumat, 10 November 2017 | 04:15 WIB
Pahlawan Nasional Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (Sylvana Toemon)

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Yuk, kita mengenal Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, salah satu pahlawan nasional kita.

Baca juga: Pahlawan

Lahir di Lombok

Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dilahirkan di Kampung Bermi Pancor di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 19 April 1908. Ayahnya dikenal sebagai orang yang berani memimpin pertempuran melawan penjajah. Ayahnya juga kerap mendermakan kekayaannya untuk keperluan perjuangan dan membantu orang banyak. Kebiasaan itu dilanjutkan oleh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Ia sering membantu masyarakat untuk melanjutkan sekolah.

Sekolah untuk Perempuan

Pada tahun 1943, Muhammad Zainuddin Abdul Madjid mendirikan sekolah/madrasah pertama untuk kaum perempuan di Lombok. Ini merupakan semangat emansipasi pendidikan agar kaum perempuan juga ikut bangkit memajukan bangsa. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid juga mendirikan laskar yang melakukan perjuangan melawan NICA.

Baca juga: 4 Pahlawan Nasional Terbaru

Berkarya Lewat Pendidikan

Muhammad Zainuddin Abdul Madjid mendirikan Nahdhatul Wathan, organisasi Islam terbesar di Lombok yang memberikan perhatian dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan di Lombok menjadi berkembang pesat. Sampai akhir hayatnya Muhammad Zainuddin Abdul Madjid terus membina dan membimbing masyarakat melalui pendidikan. Ia wafat pada tanggal 21 Oktober 1997. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 9 November 2017 bersama dengan 3 orang lainnya.