20 Planet Baru yang Mirip Bumi Telah Ditemukan

By Iveta Rahmalia, Jumat, 10 November 2017 | 04:44 WIB
Ilustrasi Planet ekstrasolar. (Iveta Rahmalia)

Teleskop ruang angkasa Kepler telah menjelajahi ruang angkasa selama kurang lebih delapan tahun. Hasilnya? Kepler membawa informasi 20 planet baru yang mirip dengan Bumi. Wah… bisakah kita tinggal di sana?

Planet Ekstrasolar

20 planet baru yang mirip Bumi itu merupakan planet ekstrasolar. Maksudnya, 20 planet ini berada di luar Tata Surya kita.

Dapat Dihuni

Menurut para peneliti yang membuat jurnal Earth and Planetary Astophysics, 20 planet yang mirip Bumi itu merupakan planet layak huni. Namun, ada beberapa planet yang belum dikonfirmasi keberadaannya. Meski begitu, para peneliti yakin bahwa ada beberapa planet yang dapat menjadi hunian baru bagi manusia.

Lebih Dingin dan Berbatu daripada Bumi

Salah satu planet yang paling memenuhi syarat untuk bisa dihuni manusia dinamai KOI-7923.01. Planet ini mengorbit bintangnya dengan cara yang sama seperti Bumi mengorbit Matahari. Uniknya lagi, satu tahun di planet ini sama dengan 395 hari Bumi.

Namun, planet baru ini jauh lebih dingin dan berbatu daripada Bumi. Meski begitu, planet ini cukup hangat untuk sebuah kehidupan.

Saat ini, para peneliti masih mempelajari 20 planet baru yang mirip Bumi ini. Menurut teman-teman, planet seperti apa yang bisa kita huni?

Sumber: Kompas.com/Gloria Setyvani Putri