Siapa Penulis Mitologi Yunani?

By Iveta Rahmalia, Jumat, 10 November 2017 | 06:00 WIB
Patung salah seorang penulis mitologi Yunani | Foto: famousauthors (Iveta Rahmalia)

Cerita tentang para dewa dalam mitologi Yunani tidaklah bersumber dari satu cerita atau buku yang ditulis oleh satu penulis saja. Lalu, siapakah para penulis mitologi Yunani itu?

Kebanyakan cerita tentang mitologi Yunani berasal dari penyair Latin bernama Ovid, yang menulis berbagai kisah mitologi pada masa pemerintahan Kaisar Augustus. 

Tidak ada penulis lainnya yang sebanding dengan Ovid dalam kehebatan penulisan kisah mitologi. Ovid menuliskan hampir semua kisah mitologi Yunani secara panjang dan lengkap. 

Baca Juga: 5 Makhluk Mitologi Yunani Yang Aneh

Selain melalui karya Ovid, kita mengetahui kisah mitologi Yunani melalui penulis bernama Homer. Dia terkenal melalui bukunya berjudul Iliad dan Odyssey yang ditulisnya kurang lebih pada tahun 1000 SM.

Kemudian, kita juga mendapatkan kisah-kisah mitologi Yunani dari penulis bernama Hesiod. Sebenarnya Hesiod adalah seorang petani miskin. Namun dia sanggup menulis buku penting berhubungan dengan mitologi Yunani, yaitu Theogony.

Selain itu, ada juga penulis-penulis kisah mitologi lain yaitu para penyair yang hidup di kota Alexandria, Mesir yang menulis pada tahun 250 SM. Lainnya adalah penulis Romawi bernama Virgil yang kemampuannya menceritakan mitologi Yunani dianggap sama hebatnya dengan Ovid.