Kenapa Ikan Laut Lebih Bergizi Daripada Ikan Air Tawar?

By willa widiana, Sabtu, 11 November 2017 | 10:05 WIB
Kenapa Ikan Laut Lebih Bergizi Daripada Ikan Air Tawar? (willa widiana)

Teman-teman pasti pernah mendengar seseorang mengatakan, “Ikan laut itu lebih bergizi daripada ikan air tawar.” Kira-kira... hal itu benar atau tidak, ya?

Asam Lemak Tak Jenuh

Sebenarnya, ikan laut dan ikan air tawar sama-sama bergizi dan baik untuk tubuh kita. Kedua ikan ini juga sama-sama mengandung asam lemak tak jenuh. Namun, kandungan asam lemak tak jenuh pada ikan laut lebih tinggi, daripada ikan air tawar. Karena kandungannya lebih tinggi, ikan laut pun disebut lebih bergizi, daripada ikan air tawar.

Baca juga: Makanan Laut, Tak Cuma Ikan.

Apa Manfaat Asam Lemak?

Asam lemak tak jenuh yang ada pada ikan bisa membantu perkembangan otak kita. Selain itu, asam lemak tak jenuh juga bisa meningkatkan kecerdasan dan kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh kita baik, kuman penyebab penyakit pun tidak akan menyerang tubuh kita. O iya, asam lemak tak jenuh biasanya banyak terdapat di kepala dan perut ikan.

Jadi, intinya, ikan laut dan ikan air tawar itu sama-sama kaya akan gizi. Hanya saja, kandungan asam lemak tak jenuh pada ikan laut lebih tinggi, daripada ikan air tawar. Kalau Teman-teman sukanya ikan laut atau ikan air tawar?

Teks: Rna/Willa, Ilustrasi: Ode