Hindari Makan Nanas Sebelum atau Setelah Minum Obat

By Putri Puspita, Minggu, 12 November 2017 | 06:36 WIB
Nanas (Putri Puspita)

Nanas adalah buah yang kaya manfaat karena kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya. Namun, harus diingat bahwa tidak baik makan nanas sebelum atau setelah minum obat.

Kenapa, ya?

Mengurangi Daya Serap Obat

Makan nanas berdekatan dengan waktu konsumsi obat bisa menyebabkan obat kehilangan fungsinya, kita pun tidak mendapat manfaat obat itu.

Kandungan di dalam nanas ternyata mampu menghalangi efek penyembuhan obat. Penelitian dari University of Western Ontario menemukan bahwa jus nanas dapat mengurangi daya serap obat, termasuk antibiotic dan obat lainnya, bahkan mencapai 50%. Alhasil, kita tidak dapat merasakan kebaikan dari minum obat.

Selain itu, Bapak Dr. David Bailey mengadakan penelitian dan menemukan bahwa minum obat dengan bantuan jus nanas dapat meningkatkan konsentrasi atau tekanan darah.

Tidak Baik Dikonsumsi Sebelum Makan

Selain tidak baik dimakan berdekatan dengan waktu minum obat, nanas juga tidak baik dikonsumsi sebelum makan. Hal ini karena nanas memiliki sifat asam yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan lambung yang masih kosong.

Bukan Hanya Nanas

Ternyata bukan hanya nanas yang tidak baik dikonsumsi berdekatan dengan waktu minum obat. Hal serupa pun juga ditemukan jika kita mengkonsumsi jus jeruk dan jus apel.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID