Berapa Banyak Sampah di Ruang Angkasa?

By willa widiana, Minggu, 12 November 2017 | 07:40 WIB
Berapa Banyak Sampah di Ruang Angkasa? (willa widiana)

Ruang angkasa memang luas, banyak planet, asteroid, dan bintang bertebaran di sana. Selain benda langit, ruang angkasa juga dipenuhi oleh sampah, lo!

Berapa banyak sampah di ruang angkasa?

Menurut Badan Pengawasan Ruang Angkasa milik Amerika Serikat, di ruang angkasa ada 500.000 potong sampah berukuran 1-2 cm. Kalau sampah yang berukuran 10 cm ke atas jumlahnya mencapai 21.000 buah.

Darimana sampah itu berasal?

Sampah-sampah itu berasal dari kepingan roket, satelit, dan pesawat ruang angkasa yang hancur saat proses percobaan. Tabrakan antara pesawat ruang angkasa dan satelit juga bisa menambah jumlah sampah di angkasa. Pada tahun 2007, Tiongkok menghancurkan satelit cuaca yang berada di atas Bumi. Kepingan satelit itu juga menambah jumlah sampah di angkasa, lo!

Baca juga: 5R Rumus Mengurangi Sampah

Apakah sampah itu berbahaya?

Sampah-sampah yang ada di ruang angkasa memang tidak seberapa besar. Namun, sampah-sampah itu bergerak dalam kecapatan tinggi, kira-kira 28 kilometer per jam. Dengan kecepatan itu, sampah-sampah tersebut bisa menyebabkan kerusakan saat menabrak sesuatu.

Bagaimana cara membersihkannya?

Sampai saat ini, badan ruang angkasa milik beberapa negara masih mencari tahu cara mengatasi sampah-sampah di ruang angkasa. Bukan hanya mencari cara yang aman, tapi juga mencari cara yang tidak terlalu menghabiskan banyak uang.

Semoga cara untuk menghilangkan sampah di ruang angkasa segera ditemukan, ya, Teman-teman. Jadi, angkasa kita bisa bebas dari sampah.

Ilustrasi: Ode