Gunakan Barang Elektronik Seperlunya

By willa widiana, Minggu, 12 November 2017 | 08:05 WIB
Gunakan Barang Elektronik Seperlunya (willa widiana)

Saat ini, kita dikelilingi oleh barang elektronik. Makan, belajar, hingga bermain pun dibantu oleh barang elektronik. Meski mudah dan cepat, kita tetap harus menggunakan barang elektronik seperlunya. Kenapa kita harus menggunakan barang elektronik seperlunya?

Radiasi

Barang elektronik yang kita gunakan memancarkan radiasi. Ponsel adalah salah satu barang elektronik yang memancarkan radiasi. Menurut beberapa ahli, radiasi dari ponsel bisa menganggu kesehatan kita, lo. Supaya hal itu tidak terjadi kepada kita, gunakan ponsel seperlunya saja, ya! Selain menghindari radiasi, menggunakan ponsel seperlunya juga bisa membuat baterai ponsel tidak cepat rusak.

Baca juga: Ponsel Tanpa Baterai!

Mengganggu

Terlalu bergantung pada barang eletronik bisa menganggu tubuh kita, lo! Contohnya ponsel. Jika kita terlalu sering menggunakan ponsel, kita jadi tidak terbiasa untuk menulis. Karena jarang menulis, otot tangan kita jadi lemah dan mudah pegal. O iya, layar pada benda elektronik biasanya mengeluarkan cahaya supaya bisa terlihat dalam gelap. Ternyata... cahaya dari layar itu bisa menganggu penglihatan kita sedikit demi sedikit, lo!

Logam

Setiap barang eletronik pasti mengandung logam atau zat kimia. Kedua zat itu bisa mencemari lingkungan, jika dibuang sembarangan. Supaya tidak mencemari lingkungan, buanglah sampah elektronikmu ke tempat penampungan. Di sana, logam dan zat kimianya akan diolah dengan baik dan benar. Jadi, tidak mencemari lingkungan.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan barang elektronik seperlunya. Selain tiga hal itu, menggunakan barang elektonik seperlunya juga bisa menghemat penggunaaan listrik, lo!

Teks:Rna/Willa, Ilustrasi: Ode