Bunga Amole, Si Pembuat Sabun

By willa widiana, Minggu, 12 November 2017 | 09:05 WIB
Bunga Amole (willa widiana)

Bunga ini bernama Chlorogalum pomeridianum, tapi Suku Miwok di Sierra Nevada, Amerika memanggilnya bunga amole. Selain cantik, bunga ini juga bisa menghasilkan sabun, lo!

Umbi Bunga

Bunga ini punya kelopak berwarna putih yang melengkung. Daunnya tebal dan bergelombang, mirip seperti cocor bebek. O iya, tumbuhan ini punya ubi yang mirip dengan kentang. Umbi yang mirip kentang inilah yang bisa menghasilkan sabun.

Serbaguna

Selain bisa dijadikan sabun, umbi bunga amole juga bisa dijadikan sampo pengusir ketombe, lo. Jika dikeringkan, serat ubinya bisa dijadikan alat untuk menggosok badan. Waahh... mirip seperti spons mandi, ya, Teman-teman.

Baca juga: Bunga Tepat Waktu

Dimakan

Saat musim dingin tiba, Suku Miwok akan memanggang ubi bunga amole. Setelah matang, ubinya akan dimakan selagi hangat. Yap, ubi bunga miwok bisa dimakan. Kira-kira... rasanya seperti apa, ya? Ada rasa pahit sabunnya atau tidak, ya? Hi..hi..hi..

Sore sampai Pagi

Bunga amole mekar di sore hari hari dan menutup di pagi hari. Proses penyerbukan pada bunga ini dilakukan oleh para serangga saat malam hari. Menurut kepercayaan Suku Siwok, saat bunga amole mekar, para peri akan mandi di bawah bunga itu sebanyak dua kali, yakni sore dan pagi hari.

Jika peri saja mandi dua kali sehari, kita juga tidak boleh kalah Teman-teman.

Teks: Lita/Willa, Foto: Creative Commons - peganum