Mangrove, Penjaga Pantai

By Sylvana Toemon, Sabtu, 11 November 2017 | 09:10 WIB
Mangrove penjaga pantai (Sylvana Toemon)

Mangrove yang tumbuh di pantai sangat penting bagi kita. Mangrove dapat dikatakan sebagai penjaga pantai.

Tumbuh di Pantai Seluruh Dunia

Mangrove tumbuh di pantai-pantai seluruh dunia. Ternyata itu ada gunanya, lo. Mangrove menjadi tempat ikan-ikan bertelur dan memelihara anaknya. Mangrove menjadi tempat tinggal bagi aneka jenis burung. Mangrove juga menjadi penahan gelombang laut sehingga pantai tidak mengalami abrasi.

Baca juga: 7 Harta Karun dari Laut

Abrasi Pantai

Abrasi yang juga sering disebut dengan erosi laut adalah proses pengikisan pantai oleh gelombang laut. Pantai yang mengalami abrasi luas daratannya akan berkurang. Permukaan air laut makin lama makin mendekat ke tempat-tempat yang sering digunakan manusia. Apabila air laut mengalami rob, maka pemukiman di sekitarnya dapat terkena banjir rob.

Baca juga: Anak-anak Penjaga Mangrove di Teluk Kiluan

Ikut Menanam Mangrove

Hutan mangrove jumlahnya makin berkurang. Akibatnya, banyak pantai yang mengalami abrasi. Ada beberapa tempat yang terus dijaga dan dilestarikan, antara lain di Muara Angke dan Teluk Kiluan. Tempat-tempat ini juga menjadi tempat wisata. Di sini kita bisa menikmati udara segar dan melihat kehidupan flora faunanya yang unik. Kita juga bisa ikut menanam mangrove, lo. Itu artinya kita juga ikut serta menjadi penjaga pantai.