Asiknya Belajar Musik di Taman

By Aan Madrus, Senin, 13 November 2017 | 06:51 WIB
Serunya latihan musik di taman (Aan Madrus)

Pernahkah teman-teman datang ke Taman Surapati, Jakarta Pusat pada hari Minggu siang? Di sana kamu pasti akan melihat Komunitas Taman Suropati Chamber sedang berlatih musik. Ada yang berlatih menggesek biola, menggesek cello, atau meniup flute.

Komunitas Taman Suropati Chamber adalah komunitas pencinta seni musik orkestra  yang didirikan pada tahun 2007.  Anggotanya banyak, lo!  Mulai dari anak SD sampai orang dewasa. Mereka berkumpul di Taman Surapati, Jakarta Pusat, setiap hari Minggu pukul 11.00 -14.00 wib. Di sana yang sudah mahir bermusik, melatih anggota yang ingin bisa bermain musik.

Belajar musik bersama Komunitas Taman Suropati Chamber itu menyenangkan. Bila di  sanggar musik atau sekolah musik umumnya kita belajar di sebuah ruangan, bersama Komunitas Taman Suropati Chamber kita belajar main musik di taman yang luas. Udaranya sejuk. Pemandangannya indah karena di taman ini ada banyak pepohonan,  beberapa buah air mancur, dan beberap buah patung. Sehingga kita tidak mudah jenuh. Banyaknya pengunjung taman yang menonton, menambah semangat belajar.  

Belajar musik di sini juga bisa menambah banyak teman, karena di sini belajarnya secara berkelompok sesuai tingkat kemahiran.  Ada tingkat bibit, akar, batang, dan ranting. Setiap kelompok dilatih oleh satu instruktur. Sementara di sanggar atau sekolah musik umum, satu murid dilatih oleh satu instruktur.

Memang belajar di tempat terbuka ada juga kendalanya, yaitu hujan. Saat hujan turun terpaksa latihan dihentikan sementara.

Komunitas Taman Suropati Chamber setiap tahun mengadakan konser di Gedung Kesenian Jakarta. Komunitas ini juga pernah diundang untuk mengisi acara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Istana Negara. Hebat, ya! Apakah kamu berminat untuk bergabung?

Foto: Aan Madrus

Narasumber: Vino/Komunitas Taman Suropati Chamber