Rahasia Merawat Bunga Potong agar Tetap Awet

By Putri Puspita, Senin, 13 November 2017 | 03:15 WIB
Vas Bunga (Putri Puspita)

Pasti segar rasanya jika di dalam ruangan ada vas dengan bunga yang segar. Bunga segar bisa membuat kita menjadi lebih senang dan tenang.

Bagaimana caranya agar bunga potong awet dan tetap segar?

Cermat saat Membeli

Awet atau tidaknya bunga potong juga tergantung pada kualitas bunga saat kita membeli. Pertama, kita bisa melihat dari bagian bawah dari tangai bunga. Jika ditekan terasa keras dan basah berarti bunga masih segar. Batang yang keras menunjukkan usia bunga yang masih muda sehingga lebih awet.

Jika ingin lebih bertahan lama, pilihlah bunga yang mahkotanya masih kuncup atau setengah kuncup.

Merawat dengan Benar

Setelah berhasil memilih bunga yang masih segar, saatnya menerapkan perawatan yang tepat. Siapkan vas atau wadah sejenis.

Hal yang banyak orang sering tidak ketahui adalah larangan untuk mencuci vas dengan sabun, terutama ketika tidak membilas sabun dengan bersih. Kandungan kimia dalam sabun bisa memengaruhi sifat air yang membuat bunga tidak tahan lama.

Sebelum memasukkan bunga ke dalam vas yang berisi air, bersihkan batang atau tangkai bunga terlebih dahulu, terutama bersihkan lender-lendir pada batang, serta daun yang layu.

Hal lain yang perlu diingat adalah posisi bunga saat dimasukkan ke dalam vas. Jangan sampai daunnya ikut terendam karena bisa menyebabkan sifat kimia air berubah. Selain itu, kita sebaiknya tidak membiarkan bunga terpapar langsung dengan sinar matahari karena hal itu menyebabkan bunga lebih cepat layu.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID