Libra, Timbangan yang Seimbang

By Cirana Merisa, Senin, 13 November 2017 | 06:05 WIB
Matahari akan tepat berada di rasi ini tanggal 31 Oktober sampai 21 November. (Cirana Merisa)

Libra merupakan zodiak ketujuh dalam tahun astrologi yang berada di langit selatan. Rasi bintang ini berbentuk timbangan.

Astronomi dan Astrologi

Menurut Persatuan Astronomi Internasional, Matahari akan tepat berada di rasi bintang mulai tanggal 31 Oktober sampai 21 November. Namun menurut ilmu astrologi, rentang waktu orang yang berzodiak Libra adalah dari tanggal 23 September sampai 22 Oktober.

Baca juga: Gemini, si Kembar yang Tak Terpisahkan

Letak Rasi

Kalau teman-teman melihat ke langit selatan, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain. Di sebelah timur ada rasi Scorpio, di sebelah utara ada rasi Serpens, di sebelah selatan ada rasi Lupus, di sebelah barat laut ada rasi Virgo, di sebelah barat daya ada rasi Hydra dan rasi Centaurus, dan di sebelah timur laut ada rasi Ophiuchus.

Baca juga: Leo, Sang Singa yang Kuat

Bintang

Rasi Libra memiliki total 46 bintang, termasuk di dalamnya ada 3 bintang yang memiliki planet sendiri. Bintang yang paling terang di rasi ini ada 3, yaitu Beta Librae atau Zubeneschamali, Alpha Librae atau Zubenelgenubi, dan Gamma Librae atau Zubenelakrab.

Mitologi

Lambang timbangan pada rasi bintang ini dimulai dari kepercayaan bangsa Babilonia kuno. Pada zaman itu, mereka percaya bahwa simbol timbangan mewakili keseimbangan antara siang dan malam.

Baca juga: Virgo, Sang Putri yang Cantik

Berbeda dengan bangsa Babilonia, bangsa Yunani melihat Libra sebagai cakar dari Scorpio yang mengulurkan tangan. Sedangkan bangsa Romawi melihat Libra sebagai simbol keadilan yang dipegang oleh Themis, yaitu Dewi Keadilan.

Itulah info mengenai rasi bintang Libra. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!