5 Jenis Kepribadian

By willa widiana, Senin, 13 November 2017 | 07:05 WIB
Neuroticism mudah panik (willa widiana)

Setiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda. Namuni, pada tahun 1970, dua orang peneliti membagi kepribadian seseorang menjadi 5 jenis. Kelima kepribadian itu adalah Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. Mereka berdua menyingkatnya menjadi OCEAN. Kita cari tahu satu-satu, yuk!

1. Openness

Orang yang punya kepribadian ini biasanya suka dengan petualangan dan hal-hal baru. Selain itu, mereka juga suka dengan seni dan hal-hal yang berhubungan dengan imajinasi. Kalau Teman-teman tidak suka petualangan dan hal-hal baru, mungkin Teman-teman termasuk orang yang punya kepribadian berlawanan.

2. Conscientiousness

Orang dengan kepribadian ini biasanya teliti, teratur, disiplin, dan punya tanggung jawab yang kuat. Pokoknya, semua pasti dipersiapkan dengan baik. Lawan dari kepribadian ini adalah orang yang bebas. Orang jenis ini biasanya melakukan segala sesuatu secara spontan/refleks. Kebanyakan orang menyebutnya ceroboh.

3. Extraversion

Orang yang punya kepribadian ini biasanya mudah bergaul. Kadang, ia juga cerewet, ceria, ramah, dan suka jadi perhatian. Pokoknya, mereka suka berada di sekitar orang-orang. Kalau Teman-teman tidak suka dengan keramaian dan lebih suka sendiri, Teman-teman termasuk orang yang punya kepribadian berlawanan berarti.

4. Agreeableness

Orang dengan kepribadian ini punya sikap yang ramah dan baik. Tak hanya itu, orang dengan kepribadian ini juga menyenangkan, suka membantu, dan senang bekerja sama. Lawan dari kepribadian ini adalah orang yang punya sikap kurang ramah, kurang menyenangkan, dan tidak terlalu suka bekerja sama.

5. Neuroticism

Orang yang punya kepribadian ini biasanya mudah cemas atau khawatir. Bahkan, hal-hal kecil pun dikhawatirkan oleh orang-orang dengan kepribadian ini. Kalau orang yang punya kepribadian berlawanan biasanya lebih santai dan tenang. Jadi, mereka tidak mudah cemas kepada segala sesuatu.

Nah, Teman-teman, itulah 5 jenis kepribadian yang Bobo ketahui. Kira-kira... kepribadian mana yang ada di dalam dirimu?

Sumber: livescience.com, Ilustrasi: Ode