Geckolepis megalepis, Tokek yang Suka Merontokkan Sisiknya

By willa widiana, Senin, 13 November 2017 | 09:35 WIB
Tokek Bersisik dari Madagaskar (willa widiana)

Kebanyakan tokek tidak punya sisik. Tubuhnya hanya ditutupi oleh kulit khas kadal berukuran besar. Namun, tokek ini berbeda. Ia punya sisik dan suka melepaskan sisiknya.

Spesies Baru

Tokek bersisik ini bernama Geckolepis megalepis. Tubuhnya hanya berukuran 7 cm, dari ujung moncong hingga ujung ekornya. Ia hidup di daerah karst di Madagaskar. Para ilmuwan sudah menemukan tokek bersisik ini sejak tahun 1990-an. Tapi, para ilmuwan baru bisa menelitinya baru-baru ini. Jadi, jangan heran kalau info tentang tokek ini masih sedikit.

Baca juga: Tokek, namanya = suaranya!

Bersisik

Tubuh tokek ini ditutupi oleh sisik yang cukup besar dan tebal. Sisik itu membuat tokek ini terlihat seperti trenggiling. O iya, sisik itu akan rontok saat si tokek merasa terancam. Namun, Teman-teman jangan khawatir, sisiknya akan tumbuh lagi dalam beberapa minggu. Selain merontokkan sisiknya, tokek ini juga bisa menyamarkan diri dengan tempat sekitarnya, lo!

Terancam Punah

Tokek ini hidup di daerah yang dilindungi, tapi ia tetap terancam punah karena pertambangan safir, kebakaran hutan, dan hewan ternak yang dibebaskan di sekitar tempat tinggal tokek itu. kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan juga menjadi salam satu penyebab tokek ini terancam punah. Wah... semoga ada cara untuk menyelamatkan tokek bersisik ini, ya, Teman-teman.

Kotak Fakta:

Selain tokek bersisik, Madagaskar juga dihuni oleh ratusan hewan unik lainnya. 90 persen dari hewan unik itu tidak ditemui di tempat lain, lo!

Sumber: nationalgeographic.co.id/Lutfi Fauziah, Foto: Creative Commons