Apa Bedanya Headset, Headphone, dan Earphone?

By Cirana Merisa, Senin, 13 November 2017 | 08:45 WIB
Headset memiliki microphone yang bisa digunakan untuk menangkap suara kita. (Cirana Merisa)

Teman-teman suka mendengarkan musik? Biasanya pakai headset, headphone, atau earphone? Walaupun tujuannya sama, tapi sebenarnya tiga alat ini berbeda, lo.

Headset

Sesuai dengan namanya, headset merupakan alat yang dipakai di kepala. Di kedua ujungnya terdapat busa bebentuk lingkaran yang akan menutupi seluruh telinga kita kalau dipakai. Nah, di dalam busa inilah terdapat mesin untuk mengeluarkan suara, entah itu musik ataupun suara orang yang menelepon.

O iya, headset ini bisa kita pakai untuk menelepon juga, lo. Headset memiliki microphone yang bisa digunakan untuk menangkap suara kita.

Headphone

Dari bentuk fisik, headphone tidak jauh berbeda dengan headset. Berbentuk speerti bando yang dipakai di kepala dan di kedua ujungnya juga terdapat busa untuk mengeluarkan suara.

Perbedaannya dari headset adalah pada headphone tidak terdapat microphone sehingga headphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan musik ataupun menonton film saja.

Earphone

Earphone bentuknya lebih kecil daripada headphone dan headset. Earphone hanya memiliki alat kecil di kedua ujungnya untuk dimasukkan ke dalam telinga bagian luar. Karena bentuknya yang kecil, earphone mudah dibawa ke mana-mana.