Anggrek, Bunga Tropis yang Cantik

By Sylvana Toemon, Selasa, 14 November 2017 | 00:10 WIB
Anggrek, bunga tropis yang cantik (Sylvana Toemon)

Siapa yang suka melihat bunga anggrek? Bunga cantik ini sering menjadi hiasan dalam berbagai acara di negeri kita.

Banyak Ditemukan di Indonesia

Anggrek adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Iklim tropis Indonesia memang cocok untuk menjadi tempat tumbuh bagi anggrek. Bagian daun dan batangnya yang tebal dan berdaging menyimpan cukup banyak air untuk dapat bertahan hidup. Batangnya tertutup lapisan lilin untuk mencegah penguapan berlebihan. Anggrek biasanya ada di bawah pohon yang cukup rindang namun masih mendapatkan sinar matahari. Di dalam hutan, kebanyakan anggrek menempel ke tumbuhan lain, epifit. Namun, ada juga beberapa jenis anggrek yang tumbuh di tanah. Anggrek dapat bertahan hidup hanya dengan embun, lo.

Baca juga: Anggrek Hitam, Si Cantik yang Hampir Punah

Bentuk Khas

Bentuk khas bunga anggrek adalah ada 5 kelopak bunga dan ada lidahnya. Warna dan bentuknya bervariasi tergantung jenisnya. Beberapa jenis anggrek bahkan ada yang bentuknya mirip hewan atau benda lain. Ada yang mirip burung, harimau, orang, bahkan alien. Ada juga yang terlihat tersenyum.

Sssttt… Tahukah kamu kalau Indonesia adalah negara dengan jenis anggrek terbanyak di dunia. Jenis itu akan bertambah banyak lagi karena banyak yang menyilangkan beberapa jenis anggrek sehingga menghasilkan anggrek baru.