Mengenal Europa, Satelit Alami Planet Jupiter

By willa widiana, Senin, 13 November 2017 | 11:35 WIB
Europa, satelit alami planet Jupiter (willa widiana)

Bumi punya satelit alami yang bernama Bulan. Jupiter juga punya satelit alami, namanya IO, Europa, Ganymede, dan Callisto. Yap, Jupiter punya empat satelit alami. Tapi, kali ini, Bobo akan mengajak kamu mengenal Europa lebih dekat.

Kedua Terdekat

Europa adalah satelit yang paling dekat kedua dengan Jupiter. Satelit ini pertama kali dilihat pada tahun 1610 oleh Galileo. Teman-teman juga bisa melihat Europa menggunakan teleskop. O iya, permukaan Europa tertutup oleh air asin dan lapisan es yang tebal.

Melaju Cepat

Bulan selalu mengelilingi Bumi, sedangkan Europa selalu mengelilingi Jupiter. Europa mengelilingi Jupiter dengan kecepatan 49.476 kilometer per jam. Jadi, ia hanya memerlukan waktu 3,5 hari waktu Bumi untuk mengelilingi Jupiter.

Baca juga: Fakta-Fakta Jupiter

Dekat dengan Jupiter

Europe kadang berada dekat dengan Jupiter, kadang jauh. Saat Europa berada di dekat Jupiter, air garam yang ada di Europa akan membentuk gelombang tinggi. Gelombang tinggi ini bisa membuat lapisan es yang ada di Europa retak.

Tak Sedingin yang Dikira

Menurut para ilmuwan, Europa tidak sedingin yang dikira. Padahal, jarak Europa dengan Matahari itu lima kali lebih jauh, daripada jarak Bumi dengan Matahari. Tapi, hal ini masih harus diteliti lebih jauh lagi oleh para ilmuwan.

Mitologi Yunani

Nama Europa berasal dari tokoh mitologi Yunani. Konon, Europa adalah putri dari Raja Tyre. Ia adalah penguasa wilayah Babilonia. Europa sangat disayang oleh Dewa Langit Yunani yang bernama Zeus. O iya, Zeus punya nama lain, yakni Jupiter.

Sumber: planetsforkids.org, Foto: nasa.gov