Mengenal Profesi Pembawa Acara

By Putri Puspita, Selasa, 14 November 2017 | 04:30 WIB
Pembawa Acara Televisi (Putri Puspita)

Siapa yang suka menonton televisi? Pasti tidak asing dengan profesi pembawa acara. Tertarik untuk menjadi seperti mereka? Yuk, baca artikel ini!

Tugas Pembaca Acara

Dalam bahasa Inggris, pembawa acara dikenal sebagai master of ceremony atau disingkat MC. Nah, namanya saja sudah “master” artinya dialah yang memimpin suatu acara dan mengatur jalannya acara, mulai dari membuka dan menutup acara.

Secara lebih spesifik, seorang pembawa acara biasanya menjelaskan apa saja yang akan dilakukan selama acara, memberikan komentar atau informasi tambahan, memperkenalkan berbagai pihak yang terlibat, dan masih banyak lagi. Kadang-kadang, seorang pembawa acara juga diminta untuk mewawancarai seorang narasumber.

Wah, serba bisa, ya!

Siapa yang Boleh Menjadi Pembawa Acara?

Sebenarnya, tidak ada batasan lulusan sekolah mana yang boleh menjadi pembawa acara. Siapa pun bisa jadi pembawa acara apabila ia memiliki keberanian dan kemampuan bicara di depan umum yang baik. Jangan khawatir, kedua hal ini bisa dilatih jika kita bersungguh-sungguh.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa menjadi pembawa acara pada momen yang sesuai dengan usianya.

Di mana Tempat Bekerjanya?

Namanya saja pembawa acara, maka ia akan berada di mana pun acara diadakan. Tidak hanya di televisi, bahkan di hutan sekalipun bisa menjadi tempat bekerja seorang pembawa acara. Semuanya tergantung dari acara apa yang ia bawakan.

Tertarik jadi pembawa acara? Yuk, latih keberanian untuk bicara di depan umum!

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID