Scorpio,Si Kalajengking Raksasa

By Cirana Merisa, Selasa, 14 November 2017 | 03:46 WIB
Bintang yang paling terang di rasi ini ada 3, yaitu Antares, Graffias, dan Dschubba. (Cirana Merisa)

Scorpio merupakan zodiak kedelapan pada tahun astrologi. Rasi bintang yang berbentu kalajengking ini berada di langit selatan.

Astronomi dan Astrologi

Menurut Persatuan Astronomi Internasional, Matahati akan berada di rasi bintang Scorpio mulai tanggal 21 November sampai 30 November. Namun menurut ilmu astrologi, rentang waktu orang yang berzodiak Scorpio adalah dari tanggal 23 Oktober sampai 21 November.

Baca juga: Libra, Timbangan yang Seimbang

Letak Rasi

Kalau teman-teman melihat ke langit selatan, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain, lo. Di sebelah barat ada rasi Libra, di sebelah timur ada rasi Sagittarius, di sebelah utara ada rasi Norma dan rasi Ara, di sebelah selatan ada rasi Ophiuchus, di sebelah barat laut ada rasi Lupus, dan di sebelah Timur Laut ada rasi Corona Australis.

Baca juga: Virgo, Sang Putri yang Cantik

Bintang

Rasi Scorpio memiliki total 47 bintang, termasuk di dalamnya ada 14 bintang yang memiliki planet sendiri. Bintang yang paling terang di rasi ini ada 3, yaitu Alpha Scorpii atau Antares, Beta Scorpii atau Graffias, dan Delta Scorpii atau Dschubba.

Mitologi Yunani

Dalam sejarah Yunani kuno, diceritakan ada seorang pemburu yang gagah bernama Orion. Dia sangat sombong dan yakin bahwa dia mampu mengalahkan segala macam makhluk buas di Bumi.

Baca juga: Cancer, Si Kepiting Besar di Langit

Dewi Bumi yang bernama Gaia marah mendengar kesombongan Orion. Maka Gaia mengutus seekor kalajengking raksasa, yaitu Scorpius, untuk mengalahkan Orion. Scorpius pun berhasil membunuh Orion. Sebagai pelajaran untuk manusia agar tidak berlaku sombong, Gaia menempatkan Orion dan Scorpius di antara bintang-bintang di langit.

Itulah info mengenai rasi bintang Scorpio. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!