Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Ada Matahari?

By Yomi Hanna, Jumat, 17 November 2017 | 05:24 WIB
Matahari adalah sebuah bintang. (Hanna Vivaldi)

Seperti yang kita tahu, bahwa matahari merupakan pusat tata surya. Banyak aktivitas manusia yang bergantung dengan keberadaan matahari ini. Lalu, kira-kira bagaimana seandainya kehidupan berjalan tanpa adanya matahari?

1. Kesehatan Jantung Terganggu

Jik tidak ada sinar matahari, itu artinya tubuh kita tidak akan bisa menghasilkan vitamin D. Padahal vitamin ini berperan penting dalam melindungi kita dari penyakit jantung, lo. Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari juga dapat membantu mengatur tekanan darah kita. Sehingga, ketika matahari tidak ada, tubuh kita lebih rentan terhadap penyakit yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah.

Baca juga : Enam Bulan Tanpa Sinar Matahari di Kota Rjukan

2. Tidak Ada Kebahagiaan

Tanpa matahari, tubuh kita juga akan memiliki sedikit hormon serotonin atau hormon kebahagiaan. Walaupun ada cara lain yang bisa membuat kita bahagia, tapi sinar matahari adalah cara paling alami dan termudah untuk mendapatkan hormon serotonin tersebut.

3. Saraf Tidak Bekerja

Jika tubuh tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka kita bisa mengalami multiple sclerosis. Ini adalah suatu penyakit pada sistem syaraf, yang akan kita alami saat dewasa nanti.

Baca juga : 7 Fakta Unik Matahari

4. Otot Akan Terasa Sakit dan Nyeri

Sinar matahari dapat membantu menghangatkan otot tubuh dan mengurangi rasa sakit peradangan struktur sendi.

5. Mengurangi Kekebalan Tubuh

Jika tubuh kurang mendapatkan sinar matahari, maka produksi sel darah putih akan semakin sedikit. Oleh sebab itu, tubuh kita pun akan semakin sulit melawan infeksi.

Sumber : Grid.id/Anita Rohmatur R