Tahap-tahap Berubahnya Batu Menjadi Tanah

By willa widiana, Selasa, 14 November 2017 | 11:15 WIB
Tahap-Tahap Berubahnya Batu Menjadi Tanah (willa widiana)

Tanah merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan manusia. Tanpa tanah, manusia akan kesulitan menanam tanaman dan membangun rumah. Tanah berasal dari batuan yang ada di bumi. Sebelum berubah menjadi tanah, batu harus melewati beberapa tahap.

Tahap 1 – Pelapukan

Sebelum menjadi tanah, batu harus melewati tahap pelapukan. Di tahap ini, batuan besar akan hancur dan berubah batuan yang lebih kecil. Proses pelapukan bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah suhu panas di siang hari dan suhu dingin di malam hari.

Tahap 2 – Pelunakan

Setelah mengalami pelapukan, batu akan mengalami pelunakan. Untuk melunakkan batu, aid dan udara akan masuk ke dalam sela-sela batu. Selain melunakkan batu, air dan udara juga bisa memancing pertumbuhan mikroba dan lumut.

Baca juga: 5 Hal Penyebab Tanah Longsor

Tahap 3 – Penghancuran

Setelah proses pelunakan, tumbuhan yang lain akan tumbuh di atas batu. Akar dari tumbuhan itu akan masuk ke dalam batu dan membuat batu benar-benar hancur menjadi butiran kecil. Di tahap inilah, batu benar-benar berubah menjadi tanah.

Tahap 4 – Penyuburan

Setelah berubah menjadi tanah, proses penyuburan akan dimulai. Zat organik yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang mati akan diserap oleh tanah. Di tahap ini, tanah mulai dihuni hewan, seperti cacing. Hewan kecil ini juga membantu proses penyuburan tanah, lo!

Nah, Teman-teman, itulah tahap-tahap berubahnya batu menjadi tanah.

Foto: publicdomainpictures.net