Sagittarius, Centaurus Pembawa Panah

By Cirana Merisa, Rabu, 15 November 2017 | 04:15 WIB
Rasi bintang ini berbentuk seekor Centaurus yang sedang menarik busur panah. (Cirana Merisa)

Sagittarius adalah zodiak kesembilan dalam urutan tahun astrologi. Rasi bintang yang berada di langit selatan ini berbentuk seekor Centaurus yang sedang menarik busur panah.

Astronomi dan Astrologi

Persatuan Astronomi Internasional menyatakan bahwa Matahari akan berada di rasi bintang Sagittarius mulai tanggal 18 Desember sampai 21 Januari. Namun rentang waktu orang yang berzodiak Sagittarius menurut ilmu astrologi adalah dari tanggal 22 November sampai 21 Desember.

Baca juga: Scorpio,Si Kalajengking Raksasa

Letak Rasi

Kalau teman-teman melihat ke langit selatan, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain, lo. Di sebelah barat ada rasi Scorpio dan rasi Microscopium, di sebelah timur ada rasi Capricorn, di sebelah utara ada rasi Corona Australis dan rasi Telescopium, di sebelah selatan ada rasi Aquila dan rasi Scutum,  di sebelah barat daya ada rasi Ophiuchus dan rasi Serpens Cauda, dan di sebelah timur laut ada rasi Indus.

Baca juga: Libra, Timbangan yang Seimbang

Bintang

Rasi Sagittarius memiliki total 68 bintang, termasuk di dalamnya ada 32 bintang yang memiliki planet sendiri. Ada 3 bintang yang paling terang di rasi ini, yaitu Epsilon Sagittarii atau Kaus Australis, Sigma Sagittarii atau Nunki, dan Zeta Sagittarii atau Ascella.

Mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani kuno, diceritakan bahwa Sagittarius adalah seekor Centaurus, makhluk setengah kuda dan setengah manusia. Centaurus itu bernama Chiron. Chiron terkenal dengan kebaikan dan keahliannya dalam berperang. Banyak anak dari dewa-dewa Yunani yang belajar padanya, termasuk Hercules.

Baca juga: Leo, Sang Singa yang Kuat

Suatu ketika, Hercules dan teman-temannya meminum anggur milik para Centaurus. Mereka pun marah dan menyerang teman-teman Hercules. Hercules mempertahankan diri dengan memanah para Centaurus. Panahnya yang beracun itu ternyata melesat menuju Chiron.

Chiron, yang merupakan keturunan Dewa Zeus, adalah makhluk yang imortal sehingga panah beracun itu tidak bisa membunuhnya. Namun, setiap hari Chiron kesakitan. Akhirnya Hercules yang merasa bersalah kemudian membujuk Dewa Zeus agar membebaskan Chiron dari rasa sakit dan menempatkan Chiron di langit sebagai peringatan akan dirinya.

Itulah info mengenai rasi bintang Sagittarius. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!