Apa yang Terjadi Jika Kita Tidak Tidur Berhari-hari Lamanya?

By Yomi Hanna, Rabu, 15 November 2017 | 04:35 WIB
Mengantuk karena kurang tidur. (Hanna Vivaldi)

Tidur yang cukup tentunya membuat tubuh kita lebih sehat serta lebih bersemangat beraktivitas setiap harinya. Namun, apakah yang terjadi jika kita tidak tidur sama sekali dalam beberapa hari?

1. Sakit Kepala

Jika tidak tidur berhari-hari, kita akan mengalami sakit kepala. Nah, jika sakit kepala terus-menerus maka saat belajar pun akan susah konsentrasi. Sehingga kemampuan kita dalam menerima hal-hal baru menjadi berkurang. Bahkan, kepintaran dan kecerdasan kita akan berkurang, lo.

Baca juga : Berapa Lama Kita Harus Tidur?

2. Tingkat Kecelakaan Semakin Tinggi

Kurang tidur dapat membuat seseorang kelelahan sehingga tidak fokus melakukan banyak hal. Apalagi bagi orang yang sudah dewasa, mereka bahkan hilang kesadaran saat berkendara. Ini akan membuat banyak sekali kecelakaan di mana-mana. Kecelakaan ini sangat merugikan diri sendiri dan orang lain.

3. Membuat Kulit Berkerut

Ketika tidak tidur, maka kita akan kehilangan kolagen yang membuat kulit mengerut perlahan-lahan. Kantung mata pun akan membesar dan wajah kita terlihat kusam.

Baca juga : Mengapa Kita Mengigau Saat Tidur?

4. Menjadi Pelupa

Tidak tidur berhari-hari juga bisa membuat kerja jaringan otak kita menurun. Saat tidur, yang terjadi pada otak kita adalah memutar kembali ingatan-ingatan selama sepanjang hari. Namun jika tidak tidur berhari-hari, kerja jaringan otak akan menurun serta otak tidak mempunyai kesempatan memutar kembali semua ingatan kita sepanjang hari. Ingatan yang harusnya ada, akan menghilang begitu saja dan membuat kita mudah lupa.

5. Emosi yang Tidak Terkontrol

Kurang tidur dapat membuat kerja bagian otak yang harusnya mengontrol emosi menjadi lebih hiperaktif dan sulit dikendalikan. Akibatnya kita akan mudah menangis, marah, atau pun merasa takut. Tentunya ini akan berpengaruh dengan orang-orang di sekitar, membuat mereka tidak nyaman jika berada di dekat kita.