Kisah Menara Asinelli dan Garisenda yang Miring

By willa widiana, Rabu, 15 November 2017 | 05:30 WIB
Menara Asinelli dan Garisenda yang miring. (willa widiana)

Menara miring selalu identik dengan Menara Pisa. Padahal, Menara Asinelli dan Garisenda juga miring, lo! Kita cari tahu kisahnya, yuk!

Italia

Kedua menara miring itu ada di Kota Bologna, Italia. Jaraknya sekitar 100 kilometer dari tempat berdirinya Menara Pisa. Meski sama-sama ada di Italia, Menara Asinelli dan Garisenda berbeda dengan Menara Pisa.

Menara Asinelli dan Garisenda berwarna cokelat karena terbuat dari batu bata. Penampilannya lebih sederhana, bahkan cenderung kusam. Kalau Menara Pisa terbuat dari batu marmer. Warnanya putih bersih, tampak sangat mewah. Benar-benar berbeda, deh, pokoknya.

Bersebelahan

Menara Asinelli dan Garisenda bersebelahan, keduanya dibangun pada tahun 1109 - 1119. Menara Asinelli punya tinggi 97,2 meter. Kalau Menara Garisenda tingginya hanya 48,16 meter. Karena lebih tinggi, bagian atas dari Menara Asinelli selalu dijadikan tempat untuk melihat panorama Kota Bologna yang kuno dan indah.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Menara Pisa

Bertambah Miring

Konon, kemiringan Menara Asinelli dan Garisenda selalu bertambah setiap tahunnya. Kemiringan Menara Asinelli mencapai 2,23 meter ke arah barat. Kalau kemiringan Menara Garisenda mencapai 3,22 meter ke arah timur laut. Kemiringan kedua menara itu disebabkan oleh fondasi yang kurang kuat.

Penjara dan Galeri Seni

Pada abad ke-14, kedua menara ini pernah dijadikan penjara. Pada abad ke-15, menara ini diubah menjadi galeri seni hingga sekarang. Kini, di sekitar menara itu ada pusat perkantoran, pertokoan, restauran, dan bank. Berkat keunikannya itu, Menara Asinelli dan Garisenda pun menjadi lambang Kota Bologna.

Itulah kisah Menara Asinelli dan Garisenda yang miring. Jika Teman-teman pergi ke Italia, jangan lupa untuk mengunjungi menara miring itu, ya!

Teks: Herry/Willa, Foto: pixabay.com - eternaltravel