Mengenal Eksoplanet, Planet di Luar Tata Surya

By Cirana Merisa, Rabu, 15 November 2017 | 05:15 WIB
Hingga saat ini telah ditemukan eksoplanet sebanyak 3.693 planet. (Cirana Merisa)

Teman-teman pernah dengan tentang eksoplanet atau planet ekstrasurya? Apa sih arti dari eksoplanet ini? Yuk, kita simak!

Planet Luar Tata Surya

Eksoplanet atau planet ekstrasurya adalah planet-planet yang berada di luar tata surya kita. Sama seperti Bumi yang mengorbit Matahari sebagai bintang induk, planet-planet ini juga mengorbit bintang induknya. Dengan kata lain, terdapat tata surya lainnya di angkasa luar yang seperti tata surya kita.

Baca juga: 5 Planet yang Mirip Bumi

Arsip Eksoplanet NASA mencatat bahwa hingga 1 November 2017 telah ditemukan eksoplanet sebanyak 3.693 planet di 2.768 sistem tata surya. Bahkan ada 620 sistem tata surya yang memiliki lebih dari 1 planet, lo.

Pertama Ditemukan

Eksoplanet pertama kali terdeteksi pada tahun 1988, tapi baru bisa diidentifikasi sebagai eksoplanet pada tahun 1992. Planet ini dinamakan PSR B1257+12B yang mengorbit pulsar PSR B1257+12 di rasi bintang Virgo. Pulsar adalah bintang padat yang berotasi dengan cepat dan merupakan hasil dari ledakan sebuah bintang besar.

Baca juga: NGTS-1b, Planet yang Lebih Besar daripada Bintang Induknya

Pada tahun 1995, ditemukan sebuah planet di rasi bintang Pegasus yang dinamakan 51 Pegasi b. Planet ini mengorbit bintang bernama 51 Pegasi yang mirip Matahari. Planet ini dijuluki sebagai Bellerophon.

Misi Ruang Angkasa

Ada 2 observatorium ruang angkasa yang digunakan untuk mencari eksoplanet, yaitu COROT (Convection Rotation and planetary Transits) dan Kepler. COROT sudah menemukan beberapa ratus eksoplanet, sedangkan Kepler menemukan lebih dari 2.000 eksoplanet. Wah, banyak sekali, ya!